PELATIHAN “ ANDRAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE” BAGI TUTOR KESETARAAN PAKET C DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PERSONAL PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) GEMA KELURAHAN CIKALANG KECAMATAN TAWANG KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Adang Danial Danial Universitas Siliwangi
  • Syaefudin Syaefudin Syaefudin Universitas Siliwangi
  • Lulu Yuliani Yuliani Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v1i2p89-95.1169

Keywords:

Pelatihan”Andragogical Content Knowledge”, Tutor Kesetaraan Paket C

Abstract

Tujuan umum dalam rencana pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan mutu tutor paket kesetaraan C dalam  proses pembelajaran pada  peserta didik di  PKBM Gema Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya melalui Pelatihan Tutor paket Kesetaran C berbasis Andragogi (“Andragogical Content Knowledgeâ€). Berdasarkan penemuan dilapangan dan hasil wawancara dengan tutor  kesetaraan paket C di kelurahan Cikalang  kecamatan Tawang  Kota Tasikmalaya pada umumnya mengharapkan pelatihan  selama tiga bulan dalam penerapan metode “Andragogical  content knowledge Pembelajaran (Pengetahuan) yang berlandaskan konsep andragogi (“Andragogical Content Knowledgeâ€) sangat penting  memberi peluang munculnya potensi-potensi yang ada dalam  diri peserta belajar. Keterlibatan fisik, mental, dan emosi memunculkan rasa ikhlas dalam memperoleh pengetahuan, menyerap informasi secara efektip dan efisien. Maka metode yang tepat dalam kegiatan ini adalah pelatihan  mengenai konsep “Andragogical  content knowledgeâ€(pengetahuan/pembelajaran berbasis andragogi) yang akan dilakukan oleh Tutor Paket Kesetaraan serta praktik penerapan pada pembelajaran.

Author Biography

Syaefudin Syaefudin Syaefudin, Universitas Siliwangi

Jurusan Pendidikan Masyarakat

References

Hiryanto. (2011). Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam upaya mencapai mutu Penyelenggaraan Program Pendidikan non Formal.

Kamil, Mustofa, (2001), Model Pembelajaran Magang Bagi Peningkatan Kemandirian, Bandung, PPS, UPI.

Knowles, M., (1950). Informal Adult Education: A Guide For Administrator, Leaderand Teachers. New York. Association Press.

Marzuki saleh,(2012). Pendidikan Non Formal (Dimensi dalam keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi . Bandung: Rosda

Undang –Undang

UU Pasal 26 Ayat (2) No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS

Downloads

Published

2018-10-13

Issue

Section

Articles