Pendampingan belajar pada sekolah yang terdampak gempa di Cianjur melalui program GISMA

Authors

  • Yanuarti Apsari IKIP Siliwangi
  • Anastasya Permatasari Putri IKIP Siliwangi
  • Anita Puteri Setiadi IKIP Siliwangi
  • Andini Fitriani Ridwan IKIP Siliwangi
  • Fanny Nur Fazriah IKIP Siliwangi
  • Mutia Amelia Rosadi IKIP Siliwangi
  • Rika Yunia IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17123

Keywords:

bencana, gempa bumi, pendampingan belajar, GISMA, Cianjur

Abstract

Gempa bumi di kabupaten Cianjur telah merusak banyak sekolah-sekolah sehingga mengakibatkan roses Kegiatan Belajar Mengajar terganggu. Salah satu bentuk pemulihan korban gempa cianjur adalah dengan memberikan pendampingan belajar bagi siswa-siswa di sekolah yang terdampak bencana. Kegiatan pendampingan belajar ini bertujuan untuk membantu membangun kembali semangat dan motivasi belajar bagi siswa korban gempa di SMPS PGRI Warungkondang, Cianjur. Metode pelaksanaan dari kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap observasi, tahap perancangan dan pengembangan serta tahap pelaksanaan. Adapun kegiatan pendampingan belajar sendiri yang dilaksanakan di SMPS PGRI Warungkondang, tidak hanya membantu proses pembelajaran di kelas saja tetapi juga membantu kegiatan ekstrakulikuler seperti paskibra, pramuka, tari, voli, futsal, dan paduan suara. Hasil dari kegiatan ini adalah antusiasnya anak-anak dalam mengikutyi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh tim GISMA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan belajar ini memberikan efek yang positif karena dapat menciptakan suasana menyenangkan bagi anak-anak korban pasca gempa di Kecamatan Warungkondang, Cianjur.

References

Daswati, D., Samad, M. A., & Wekke, I. S. (2019). Collaborative Governance Dalam

Pengelolaan Integrated Community Shelter Pasca Bencana Di Kota Palu

Collaborative Governance in the management of Integrated Community Shelters

post disaster ( ICS ) in the City of Palu.

Dewy, C. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengatasi Keterbatasan

Sumber Belajar Geografi pada Pembelajaran Kelas Darurat Pasca Bencana Sinabung. Jurnal Kapita Selekta Geografi, 1(3), 129-134.

Gurwitch, R. H., Kees, M., Becker, S. M., & Schreiber, M. (2004), Assessment of PTSD among

Indonesian children. Prehospital and Disaster Medicine, 46(5), 1921-8.

Marida Andriani. 2018. Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Mengatasi Trauma

Healing Bagi Anak-anak Usia Sekolah Di Pengungsian Pasca Letusan Gunung

Sinabung Sumatera Utara. Jurnal Kapita Selekta Geografi. Volume 1 Nomor 2:

September 2018. pp. 39-45.

Nakamura, Y. (2005). Public health impact of disaster on children. JMAJ, 48(7), 377-384

Nugroho, D. 2007. Hubungan Dukungan Sosial dengan Kecemasan Menghadapi Masa

Depan Pada Remaja Korban Gempa Bumi 27 Mei 2007. Skripsi: tidak diterbitkan.

Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Ramirez, M., & Peek-Asa, C. (2005). Epidemiology of traumatic injuries from

earthquakes. Epidemiologic reviews, 27(1), 47-55.

Şalcıoğlu, E., & Başoğlu, M.. (2008). Psychological effects of earthquakes in children:

prospects for brief behavioural treatment. Wold Journal Pediatrics, 4(3), 165-172.

doi: 10.1007/s12519-008-0032-8

Sherchan, S., Samuel, R., Marahatta, K., Anwar, N., Van Ommeren, M. H., & Ofrin, R. (2018).

Post-disaster mental health and psychosocial supportl: experience from the 2015

Nepal earthquake. WHO South-East Asia journal of public health, 6(1), 22-29.

Suhardita, K. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan

Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Edisi khusus, 1, 127-138.

Suherman, U. (2008). Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung, PPB-UPI.

Supendi, P., Priyobudi, J. J., Sianipar, D., Ali, Y. H., Heryandoko, N., Daryono, S. P. A., ... &

Aktif, K. K. S. (2022). Analisis Gempabumi Cianjur (Jawa Barat) Mw 5.6 Tanggal

November 2022.

UNDP. (2015). Supporting Nepal in Building Back Better: Livelihoods and Community

Infrastructure. May.

Downloads

Published

2023-11-09