Memperkuat keterampilan market planning: Pelatihan soft skill di lembaga kesetaraan

Authors

  • Heris Hendriana
  • Ansori Ansori IKIP Siliwangi
  • Tiffany Estherlita PKBM Sangkanhurip
  • Subur Binyati
  • Sharina Munggaraning Westhisi
  • Erni Arum Nursanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21906

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat yang diinisiasi oleh Program Pascasasrjana IKIP Siliwangi menetapkan PKBM Sangkanhurip yang terletak di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung sebagai tempat pelaksanaan program pengabdian. Berdasarkan hasil identifikasi ditemukan beberapa masalah yang dihadapi lembaga tersebut dalam proses pengembangan kewirausahaan yang sudah berjalan. Pelatihan ini bertujuan untuk menggali dampak dan efektivitas pelatihan dalam mempersiapkan peserta untuk memahami dan mengelola pasar lokal. Studi ini menggunakan pendekatan partisipatif dan edukatif dalam menyajikan materi market planning kepada peserta. Pelatihan difokuskan pada aspek analisis pasar, strategi pemasaran yang relevan dengan konteks lokal, dan pengembangan keterampilan manajemen bisnis yang diperlukan. Metode evaluasi meliputi survei pra pelatihan,  survei pasca pelatihan, observasi lapangan dan wawancara. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta tentang analisis pasar, strategi pemasaran yang sesuai dengan konteks lokal, dan keterampilan manajemen bisnis setelah mengikuti pelatihan. Implikasinya adalah penguatan kapasitas masyarakat lokal untuk mengelola bisnis atau inisiatif mereka sendiri dengan memahami pasar dan mengembangkan strategi yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan komunitas

References

Ansori, A., Alhadihaq, M. Y., Nuraeni, L., & Estherlita, T. (2024). Community-Based Social Entrepreneurship at Community Learning Centers. Novateur Publications, 39–45.

Ansori, A., & Firdaus, N. M. (2020). Increasing community participation capacity in paud program through parenting education at pusat kegiatan belajar masyarakat. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 89–94.

Ansori, A., Kamil, M., & Hufad, A. (2023). Santri Entrepreneurial Model and its Implementations as Community Empowerment Programs. 9(2), 241–250.

Ansori, & Rosita, T. (2018). Increasing Economic Capacity of Rural Community Through The Use of Local Ecological Potency Based. Journal of Nonformal Education, 4(1), 89–96.

Bandura, A., & Walters, R. H. (1977). Social learning theory (Vol. 1). Englewood cliffs Prentice Hall.

Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980). Problem-based learning: An approach to medical education (Vol. 1). Springer Publishing Company.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Self-determination theory. Handbook of Theories of Social Psychology, 1(20), 416–436.

Hasbullah, H. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).

Wardani, I. R. W., Zuani, M. I. P., & Kholis, N. (2023). Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 332–346.

Downloads

Published

2024-04-22