PROGRAM PARENTING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KELUARGA

Ade Sadikin Akhyadi, Dinno Mulyono

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu menjadi suatu kewajiban bagi setiap dosen dan sivitas akademika lainnya untuk terlibat dalam program pengabdian kepada masyarakat. STKIP Siliwangi yang telah menggulirkan program pengabdian kepada masyarakat dengan pendanaan internal yang dilaksanakan di seluruh wilayah Jawa Barat pada tahun 2016, telah mengintegrasikan program pendidikan masyarakat berupa sosialisasi dan seminar pendidikan dengan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan secara berkelanjutan dalam waktu 14 hari. Dengan metode pendekatan pendampingan, pelatihan dan pembinaan, program pengabdian memberikan warna baru dalam pengembangan pendidikan di pelosok Jawa Barat, adapun lokasi yang dipilih adalah Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja, Sumedang, sebagai daerah yang terdampak pembangunan Waduk Jatigede. Materi yang disampaikan adalah program parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. Adapun hasil yang didapatkan adalah adanya perluasan dan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan pendidikan, termasuk pendidikan tinggi

Keywords


parenting, kualitas pendidikan keluarga

Full Text:

PDF

References


Amini, M. (2008). Pengasuhan Ayah Ibu yang Patut, Kunci Sukses Mengembangkan Karakter Anak. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Djamarah, S. B. (2004). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Palupi, D.R. (2013). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Persepsi terhadap Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Psikologi Angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Volume 2 Nomor 1, 2013.

Santrock, J. W. (Alih Bahasa: Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti). (2007). Perkembangan Anak (Child Development, eleventh edition). Jakarta: Erlangga.

Shochib, M. (1998). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats