PENGEMBANGAN SELF ACCESS CENTER (SAC) UNTUK MEMFASILITASI ANAK PUTUS SEKOLAH PADA USIA PENDIDIKAN DASAR DI KECAMATAN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Sylvia Rabbani IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v1i1p26-34.37

Keywords:

Self Access Center, Anak Putus Sekolah, Pendidikan Dasar

Abstract

Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan Self Access Center(SAC) untuk menfasilitasi anak putus sekolah usia pendidikan dasar di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapaisebagai berikut: (1). Memfasilitasi anak-anak putus sekolah yang berada pada usia pendidikan dasar agar tetap dapat belajar secara aman dan nyaman; (2). Memberikan layanan-layanan pendidikan yang dibutuhkan oleh anak-anak putus sekolah pada jenjang pendidikan dasar; (3) Membangun sinergi baik dengan orangtua dan sekolah agar anak-anak putus sekolah tersebut bisa kembali ke bangku sekolah. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut sebagai berikut: (a). Mengumpulkan anak-anak putus sekolah usia pendidikan dasar se-Kecamatan Cipatujah; (b). Memberikan gambaran umum mengenai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (c). Melakukan refleksi dan diskusi mengenai berbagai kegiatan yang akan dilakukan di Self Access Center; (d). Melakukan kolaborasi dengan masyarakat sekitar dalam penentuan lokasiSelf Access Center; (e). Pelaksanaan kegiatan pembelajaran Self Access Center; (f). Evaluasi kegiatan Self Access Center.

References

Ahsanuddin, Mohammad. (2006). Media Pembelajaran. Tersedia: http://www.edukasi.net/artikel/index.php?id=83. (20 Agustus 2008)

Armstrong, Michael. (2007). Seri Pedoman Manajemen: Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia, Jakarta.

Chang, Richard Y dan Mark J Curtin. (1998). Membangun Tim Mandiri. PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Nolen, S. B. (2003). Learning environment, motivation, and achievement in high school science. Journal of Research in Science Teaching, 40, 347-368.

Spitzer, D. R. (1996). Motivation: The neglected factor in instructional design. Educational Technology, 36(3), 45-49).

Downloads

Published

2019-10-22

Issue

Section

Articles