WORKSHOP IMPLEMENTASI LESSON STUDY BAGI GURU MA CAHAYA HARAPAN

Authors

  • Gida Kadarisma IKIP Siliwangi
  • Tina Rosyana
  • Adi Nurjaman

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v4i1p1-10.3812

Abstract

Guru yang profesional adalah guru yang dapat meningkatkan kemampuan mengajar dikelas. Lesson study dapat menjadi salah satu alternatif dalam memperbaiki pembelajaran dikelas, sistem ini masih banyak tidak diketahui oleh guru-guru, salah satunya guru-guru di sekolah MA Cahaya Harapan karena berdasarkan wawancara dan hasil analisis angket awal disimpulkan pengetahuan guru mengenai pada sekolah tersebut masih kurang serta guru belum pernah melaksanakan implementasi Lesson Study di kelas. Metode dalam Pengabdian ini berupa penyuluhan serta workshop implementasi Lesson Study, mitra dari pengabdian ini adalah guru-guru seluruh matapelajaran di MA Cahaya Harapan Cisarua yang dilaksanakan sebanyak 2 hari pada tanggal 24 &27 Januari 2020. Sebelum dan sesudah kegiatan guru diberikan angket dan wawancara untuk mengukur pemahaman guru-guru serta kebermanfaatan Lesson Study. Hasil dari analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pengetahuan dan pemahanan guru mengenai Lesson Study menjadi meningkat, serta guru merasakan lesson study sangat bermanfaat untuk perbaikan pembelajaran dikelas. Saran setelah program pengabdian ini yaitu Workshop implementasi lesson study ini dapat dilaksanakan pada cakupan sekolah yang lebih luas  agar manfaat lesson study dapat dirasakan oleh banyak guru

References

Ali Mahmudi. (2009). Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Jurnal Forum Kependidikan, 28(2), 84–89.

Haryoto, S., & Narimo, S. (2013). Contextual Math Learning Based on Lesson Study Can Increase Study Communication. International Journal of Education, 5(4), 48. https://doi.org/10.5296/ije.v5i4.4440

In’am, A. (2011). Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study berbasis metakognisi. Jurnal Salam, 12(1), 125–136.

Ismayani, R. M., Latifah, L., & Ahmadi, Y. (2019). Peningkatan Mutu Pembelajaran Sintaksis melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC). Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 158. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.2450

Kadarisma, G., & Ahmadi, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Kepada Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40.

Kadarisma, G., Senjayawati, E., & Amelia, R. (2019). Pedagogical Content Knowledge Pre-Service Mathematics Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012068

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 27. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4144

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2015

Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Seminar Dan Lokakarya PLEASE 2013 Di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia Jalan Argopuro 28-34, 1–32.

Sutopo, & Ibrohim. (2006). Pengalaman IMSTEP dalam Implementasi Lesson Study. Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Pengembangan Kemitraan LPTK-Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran MIPA.

Downloads

Published

2021-07-19

Issue

Section

Articles