MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK MELALUI PERMAINAN KREATIF SEDOTAN DI KELAS A TK DAARUL FIQRI

Authors

  • Neni Karyani IKIP Siliwangi
  • Tuty Haryati IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p19-23

Abstract

tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah akan mendapat informasi dan data-data tentang  meningkatkan kecerdasan logika matematika di TK A Daarul Fiqri melalui permainan kreatif sedotan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang sering disebut Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini merupakan bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan tertentu agar dapat memperbaiki meningkatkan praktik pembelajaran dikelas secara profesional. Teknik pengumpulan data  yaitu dengan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data anak yaitu 17 anak yang terdiri dari laki-laki 5 orang, perempuan 12 orang. Hasil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan 2 siklus, dimana dari 2 siklus itu menunjukan bahwa kecerdasan logika matematika anak bisa meningkat melalui permainan kreatif sedotan. Analisis data diperoleh dari prasiklus dan pascasiklus.

Downloads

Published

2018-07-07