UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERMAIN DADU PAPAN ANGKA BERKELOK

Rina Agustin

Abstract


Rina Agustin (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Kegiatan Bermain Dadu Papapn Angka Berkelok (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Anak Usia Dini Kelompok B TK Islam Nur Al Rahman Cimahi).

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kondisi awal kemampuan berhitung anak sebelum dan sesudah diberikannya pendekatan pembelajaran dengan menggunakan dadu papan angka berkelok, mengetahui proses perkembangan kemampuan berhitung anak melalui dadu papan angka berkelok dan mengetahui hasil dari kegiatan bermain dadu papan angka berkelok dalam perkembangan kemampuan berhitung angka 1 – 20  pada anak .

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan (3) Observasi/Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui analisis data deskriptif dan kuantitatif dengan pelaksanaan beberapa tahapan.

Kondisi awal kemampuan berhitung anak Kelompok B TK Islam Nur Al Rahman Cimahi berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB) hanya 24% dari keseluruhan siswa. Namun setelah diberikan tindakan siklus I, pencapaian perkembangan berhitung anak pada kategori BSB meningkat menjadi 33% dari keseluruhan siswa. Dan setelah diberikan tindakan siklus II, pencapaian perkembangan berhitung anak pada kategori BSB meningkat menjadi 76% dari keseluruhan siswa. Secara keseluruhan pencapaian peningkatan sebesar 52%.

Berdasarkan hasil analisis dan  pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep berhitung menggunakan benda dan membilang angka 1 samapai 20 dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain dadu papan angka berkelok. Penggunaan media dadu papan angka berkelok ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini sebagai salah satu  media pembelajaran yang menarik.


Keywords


kemampuan berhitung anak usia dini, media dadu papan angka berkelok

References


Aisyah, Siti. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Neni Utami, A. (2008). Permainan Kreativitas Asah Kecerdasan Logis-Matematis Balita. Bandung: PT. Karya Kita

Musfiroh, Tadkiroatun. (2010). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka

Thobroni, M. (2011). Mendongkrak Kecerdasan Anak Melaui Bermain Dan Permainan. Jogjakarta: Katahati

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal Dan Informal, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (2010). Pengembangan Konsep Pengetahuan Matematika Pada Lembaga Kelompok Bermain. Jakarta: Kemendiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published byPG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal