UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN MENARI LAGU TOKECANG

Authors

  • Rini Nuraini IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p31-49

Keywords:

Kecerdasan, Kinestetik, Menari Lagu Tokecang

Abstract

Rini Niraini (2017).  Upaya Meningkatkan  Kecerdasan  Kinestetik Melalui  Kegiatan  Menari Lagu Tokecang (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Permata Ibu Cimahi)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kondisi objektif kecerdasan kinestetik anak pada kelompok B sebelum diterapkannya kegiatan menari lagu tokecang, memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan kegiatan menari lagu tokecaang dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik, memperoleh gambaran mengenai peningkatan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B setelah diterapkannya kegiatan menari.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 orang anak. Tehnik pengumpulan data ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan mengunakan tehnik persentase dengan pelaksanaan beberapa tahapan..

Kondisi awal kemampuan kinestetik di TK Permata Ibu Cimahi berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB) hanya 8 % dari keseluruhan siswa. Namun setelah diberikan tindakan siklus I pencapaian kemampuan kinestetik anak pada kategori BSB meningkat menjadi 23 %, dan setelah diberikan tindakan siklus II pencapaian perkembangan kemampuan kinestetik anak meningkat kembali menjadi 85 % dari keseluruhan siswa.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan kecerdasan  kinestetik anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menari lagu tokecang, melalui kegiatan menari ini dapat menstimulasi kemampuan kecerdasan gerak tubuh, serta dapat mengekspresikan diri melalui gerakan menari yang bervariasi, dan mengekspresikan diri dalam gerkan.

References

Barnawi & Wiyani, N.A., (2012). Format PAUD: Konsep, Karakter, dan Implementasi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Chatib, M & Said, A. (2012). Sekolah Anak Juara: Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung: Kaifa PT. Mizan Amanah

Desfina, (2005). Pendidikan Seni Tari Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gava Media

Howard, G. (2006). Multiple Intelegences: Basic Book

Ibrahim, N & Yaumi, M (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Mengatasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak). Jakarta: Kencana Grup

Mumtaz & Thobroni, M. (2011). Mendongkrak Kecerdasan Anak melalui Bermain dan Permainan. Yogyakarta: Kahati

Thorndike dalam Dr. M Yaumi dan DR. Nurdin I Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Mengatasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak). Jakarta: Kencana Grup

Fleetham 2006, (dalam M. Yaumi dan Nurdin I). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Mengatasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak). Jakarta: Kencana Grup

Susanto (2005: 67-75) dalam dalam (Mumtaz & Thobroni, 2011), Mendongkrak Kecerdasan Anak melalui Bermain dan Permainan. Yogyakarta: Kahati

Modul PLPG. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Badan Bengembangan Sumber Daya Manusia. Pendidikan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP)

Downloads

Published

2018-01-20