Penggunaan fitur-fitur dalam aplikasi zoom cloud meeting pada implementasi pembelajaran daring membaca pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Yeni Hadianti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.21248

Abstract

Pembelajaran daring merupakan proses belajar berbasis pada jaringan internet dimana tidak ada pertemuan langsung atau tatap muka antara guru dan siswa. Disisi lain pembelajaran membaca pemahaman memerlukan komunikasi yang baik antara guru dan siswanya. Hasil survei dari beberapa lembaga menunjukan tingkat kemampuan membaca pemahaman yang masih rendah. Untuk itu perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui pemanfaatan aplikasi daring. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran bahasa. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa penggunaan fitur aplikasi dapat membantu siswa memahami isi teks bacaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi fitur-fitur aplikasi Zoom Cloud Meeting yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eskploratif guna memperdalam pengetahuan dan mencari ide-ide baru dalam perumusan masalah atau pengembangan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terdapat fitur-fitur menarik dalam Zoom Cloud Meetings yang dapat digunakan untuk pembelajaran membaca pemahaman diantaranya Share screen, Chat  room, Breakout Room, Gallery View, Reactions, Raise Hand, Nonverbal Feedback, dan Polls.

 

Kata Kunci: Pembalajaran daring, membaca pemahaman, fitur Zoom Cloud Meetings.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles