PENERAPAN MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN BAGI GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK

Authors

  • Hilfi Hanifah IKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1102

Abstract

Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidup secara optimal. Kualitas pendidik sangat menentukan hasil pembelajaran yang dicapai. Kegagalan dan kesuksesan pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas tenaga pengajar yang menguasai materi, metodologi pengajaran, dan kemampuan yang profesional. Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Keberhasilan suatu sekolah dapat dilihat dari kinerja pendidiknya karena berpengaruh dari kinerja guru-gurunya. Dengan penerapan manajemen program pembelajaran dapat meningkatkan kinerja pendidik. Barkenanan dengan standar kinerja guru Piet A. Sahertian dalam (Diding Nurdin, 2011) menjelaskan bahwa, Standar Kinerja Guru itu berhubungan dengan kualitas guru dalam mejalankan tugas seperi:a. Bekerja degan siswa secara individual, b. Persiapan dan perencanaan pembelajaran, c. Pendayagunaan media pembelajaran, d. Melibatkan siswa dalam berbagai pengalaman belajar , e. Kepemimpinan yang aktif dari guru

References

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). PROGRAM PARENTING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KELUARGA. ABDIMAS SILIWANGI, 1(1), 1-8.

Aqib, Z. (2011). Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Bandung: Nuansa Aulia.

Darmadi, H. (2014). Metoode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Manullang, M. (2014). Jurnal Pendidikan Pembelajaran (JPP). Manajemen Pembelajaran Matematika, 209-211.

Rahayu, E. F. (2015). Manajemen Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Manajemen Pendidikan, 338.

Rosyid Ridho, M. D. (2015). Pengelolaan Pembelajara Pendidikan Anak Usia Dini di KB Cerdas . Jurnal Penelitian Humaniora, 58-68.

Rosyid, Ridho; , Markhamah ; , Darsinah;. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di KB "Cerdas" Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 61-62.

Rozalena, M. K. (2017, januari-juni). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK USIA DINI, 2, 76.

Sri Rexeki, M. C. (2015). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Pelatihan Prajabatan Pada BKPP Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2-3.

Sudjana, D. (2010). Manajemen Program Pendidikan . Bandung: Falah Prodution.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini . Tunas Siliwangi, 94.

Downloads

Published

2018-09-29