PEMBERDAYAAN ANAK PUTUS SEKOLAH MELALUI PROGRAM LIMBAH SAMPAH DALAM MENINGKATKAN EKONOMI

Authors

  • Wiwi Kartiwi IKIP Siliwangi
  • Agus Hasbi Noor IKIP Siliwangi

Abstract

Banyaknya remaja yang putus sekolah membuat kita miris. Mereka ini jika tidak diberdayakan berpotensi rentan terjerat kelompok-kelompok tidak produktif, bahkan bisa saja melakukan tindakan kriminal. Kp. Sukahaji, remaja putus sekolah ini justru diberdayakan pada komunitas karang taruna tunas muda membuat keterampilan mengolah sampah plastik. Studi ini membahas mengenai pemberdayaan kepada remaja yang putus sekolah yang dilakukan oleh karang taruna tunas muda membuat keterampilan mengolah sampah plastik yang dilakukan di RW 08 Kp. Sukahaji Kecamatan Majalaya Bandung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana proses pemberdayaan terhadap remaja putus sekolah untuk meningkatkan tarap ekonomi dan menjelaskan proses pemberdayaan kelompok remaja ini melalui pendampingan mekanisme kerja bank sampah oleh karang taruna tunas muda. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek proses, program pemberdayaan remaja ini dengan mekanisme memanfaatkan barang sampah menjadi barang berguna serta dapat mendapatkan ekonomi masyarakat. Adapun hasil dari pemberdayaan ini ialah peserta program pemberdayaan memilliki kegiatan yang bermanfaat serta mendapatkan insentif. Apa yang terjadi di lapangan membuktikan bahwa program sudah sesuai dengan teori yang digunakan dalam studi ini.

 

Kata Kunci: Remaja Putus Sekolah, Pemberdayaan, Bank Sampah

 

References

Ariefahnoor, D., Hasanah, N., & Surya, A. (2020). Pengelolaan Sampah Desa Gudang Tengah Melalui Manajemen Bank Sampah. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 3(1), 14-30.

Fatoni, S. I. P. (2018). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Pelatihan Membuat Produk Kreatif Dari Sampah.

Handono, S. Y., Hidayat, K., & Purnomo, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pertanian. Universitas Brawijaya Press.

Handono, S. Y., Hidayat, K., & Purnomo, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pertanian. Universitas Brawijaya Press.

Hutgalung, R. S., & Senjaya, O. (2021). Pengelolaan Dan Dinamika Sampah Di Desa Ulekan Kabupaten Karawang Di Tinjau Dari Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah. Wajah Hukum, 5(2), 442-447.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setyowati, R., & Mulasari, S. A. (2013). Pengetahuan dan perilaku ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah plastik. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 7(12), 562-566.

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M., Purba, S., Syafrizal, S., & Susilawaty, A. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan Dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.

Wahyudi, F. (2016). Manajemen Wakaf Produktif (Studi Analisis Pada Baitul Mal Di Kabupaten Kudus) (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).

Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(1), 15-27.

Downloads

Published

2024-02-20