PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN (Study Kasus di Kelompok Bermain Al-Munawar)

Authors

  • Neneng Dariah ikipsiliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1592

Keywords:

Pendidikan Karakter, Orang tua Peserta Didik, Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya distorsi antara konsep dan muatan nilai yang tercermin dalam sumber-sumber normatif konstitusional dengan fenomena sosial, kultural, politik, ideologis dan religi. Yang menjadi subyek penelitian, yaitu 36 orang dan dijadikan sample penelitian sebanyak 6 orang, yaitu 1 orang pengelola, 1 orang guru, dan 4 orang tua peserta didik. Pengembangan karakter merupakan optimalisasi fungsi otak kanan yang harus dimulai dari anak usia dini. Oleh karena itu perlu diteliti bagaimana peran orang tua dalam membentuk karakter anak didik melalui bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. dengan metode deskriptif analitik yakni penulis bermaksud menggambarkan proses orang tua dalam membentuk karakter anak didik melalui bermain peran, yang menjadi sample penelitiannya sebanyak 6 orang, yiatu 1 orang peneglola, 1 orang guru, dan 4 orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan peserta didik, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua. Mengacu pada teori pengembangan karakter anak usia dini yang menjadi penelitian adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang orang tua peserta didik untuk memantapkan pemahaman pembinaan perilaku anak. Metode ini telah mengacu pada pendidikan holistik berbasis karakter yang dikembangkan dalam Indonesia Haritage Foundation. Metode pembelajaran ini mengacu dua proses pembelajaran yakni proses pembelajaran di sekolah oleh pendidik dan proses pemeblajaran di luar sekolah oleh orang tua. Hasil temuan implementasi peran orang tua dalam membentuk karakter anak didik melalui bermain peran: 1) Pentingnya uapaya penanaman karekter pada anak usia dini melalui bermain peran yang mengacu pada kurikulum PAUD; 2) Metode pembelajaran karakter untuk anak usia dini telah menjadi rujukan bagi pelaksanaan pendidikan karakter di Kelompok Bermain Al-Munawar; 3) Sebagian orang tua peserta didik telah mengetahui, memahami dan melakukan nilai-nilai karakter yang dibelajarkan, seperti bekerja sama, kemandirian, disiplin, kejujuran, hormat dan santun, baik dan rendah hati.

References

Ainurrafiq dan A. Ta’rifin, (2005). Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta. Grasindo

Ansori, A., & Rosita, T. (2018). Increasing Economic Capacity of Rural Community Through The Use Of Local Ecological Potency Based. Journal of Nonformal Education, 4(1), 89-96.

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). PROGRAM PARENTING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KELUARGA. ABDIMAS SILIWANGI, 1(1), 1-8.

Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in the development of The Community. Empowerment, 7(1), 25-35.

Augusta, (2012). Tumbuhkembang Anak Usia Dini. Bandung. Remaja Rosdakarya

D. Sudjana, (2001). Pendidikan Keluarga. Jakarta Rineka Cipta

…………….(1993). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta. Cahaya Ilmu

Dwi Yulianti, (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Global Media

Doni Koesoema, (2007). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta. Alfa Betha.

Fatah Syukur, (2011). Peningkatan Sumber Daya Manusia. Jakarta. Grasindo.

Hoghughi (2004). Pendidikan Keluarga. Jakarta Rineka Cipta

Hamalik (2007). Peran Orang Tua dalam Bimbingan Anak Usia Dini. Jakarta. Grasindo

Iksan Baihaqi dan Ibnu Bukhari, (2013). Anak Usia Dini. Bandung. Tarsito

Jhonson (2004). Peran Orang Tua dalam Bimbingan Anak Usia Dini. Jakarta. Grasindo

Kartono, (1982). Peran Orang Tua dalam Keluarga. Bandung. Tarsito

Nana Sudjana (1989). Metode Penelitian. Jakarta. Grasindo

Sontani, T., & Kartika, P. (2018). PERAN PKG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DI KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 20-30.

Sri Sugiharti (2005). Peran Orang Tua dalam Keluarga. Surabaya. Intelektual Club

Supriyati (2008). Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Gramedia

Sulhan (2006). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta. Grasindo

Soelaeman, (1994). Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Gramedia.

Philip H. Coombos dalam Sutarya Trisnamansyah (1986). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta. Global Media

Wolfman, (1992). Peran Orag Tua dalam Keluarga. Jakarta. Rineka Cipta

Downloads

Published

2018-09-29