PENGUATAN PARENTING DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (Study Kasus di Paud Mawar 14 Cipageran)

Authors

  • alna sari safrida IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1629

Keywords:

Parenting, Teknologi Tepat Guna, Perkembangan Anak Usia Dini, Bimbingan Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1. untuk mendeskripsikan perencanaan penguatan parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini di paud mawar 14 cipageran, 2. untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini di paud mawar 14 cipageran, 3. untuk mendeskripsikan hasil penguatan parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini di paud mawar 14 cipageran. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan studi leteratur, dengan menggunakan sempel sebanyak 6 orang, diantaranya : 1 orang guru dan 5 orang tua peserta didik.  Hasil penelitian: Perencanaan dan perumusan program parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini awalnya kurang maksimal, tetapi sesudah orang tua mengerti tentang program parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak, sedikit demi sedikit sudah terlihat hasilnya terhadap anak, yaitu berkembangnya aspek kognitif , aspek apektif dan aspek psikomotor. Kesimpulan penelitian, perkembangan yang sesuai digunakan pada anak adalah program yang dikembangkan brerdasarkan asesmen kebutuhan anak, kondisi sekolah dan kebutuhan lingkungan (harapan personil sekolah dan orang tua). Saran Penelitian: perlu diadakannya needs assesmentberdasarkan tugas perkembangan anak dalam perumusan program, dan perlu adanya sosialisasi program untuk membangun komitmen dalam pembagian peran penyelenggaraan bimbingan.

Penelitian ini bertujuan 1. untuk mendeskripsikan perencanaan penguatan parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini di paud mawar 14 cipageran, 2. untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini di paud mawar 14 cipageran, 3. untuk mendeskripsikan hasil penguatan parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini di paud mawar 14 cipageran. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan studi leteratur, dengan menggunakan sempel sebanyak 6 orang, diantaranya : 1 orang guru dan 5 orang tua peserta didik.  Hasil penelitian: Perencanaan dan perumusan program parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak usia dini awalnya kurang maksimal, tetapi sesudah orang tua mengerti tentang program parenting dan bimbingan konseling dalam pemanfaatan teknologi tepat guna bagi perkembangan anak, sedikit demi sedikit sudah terlihat hasilnya terhadap anak, yaitu berkembangnya aspek kognitif , aspek apektif dan aspek psikomotor. Kesimpulan penelitian, perkembangan yang sesuai digunakan pada anak adalah program yang dikembangkan brerdasarkan asesmen kebutuhan anak, kondisi sekolah dan kebutuhan lingkungan (harapan personil sekolah dan orang tua). Saran Penelitian: perlu diadakannya needs assesment berdasarkan tugas perkembangan anak dalam perumusan program, dan perlu adanya sosialisasi program untuk membangun komitmen dalam pembagian peran penyelenggaraan bimbingan.

References

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). PROGRAM PARENTING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KELUARGA. ABDIMAS SILIWANGI, 1(1), 1-8.

Brooks, (2001), Parenting. Alfabeta, Bandung

Depdikbud (1994) Anak Usia Dini, Jakarta

Houghogi, (2014), Parenting, Rineka Cipta, Jakarta

Muliana, ( 2014) Metode Penelitian, Lubuk Agung, Jakarta

Sontani, T., & Kartika, P. (2018). PERAN PKG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DI KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 20-30.

Sujiono, ( 2009). Pendidikan Anak Usia Dini : Jalur Penyelenggaraan PAUD. Jakarta. Gunung Agung

Mansur, (2005), Anak Usia Dini, Rineka Cipta, Jakarta

Sukmadinata, (2005), Metode Penelitian, Lubuk Agung, Jakarta

Thompson & Rudolph (1983). Bimbingan Konseling, Grapindo, Jakatra

Downloads

Published

2018-09-29