IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SELLER DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA

Authors

  • Enok Habibah IKIP Siliwangi
  • Nandang Rukanda IKIP Siliwangi
  • Dewi Safitri Elshap IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i2.17885

Keywords:

pemberdayaan perempuan, aplikasi tiktok seller, motivasi berwirausaha

Abstract

Penelitian tentang implementasi pemberdayaan perempuan dilakukan melalui kelas pemberdayaan perempuan bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta motivasi berwirausaha. Penelitian ini terbagi menjadi dua poin utama tentang bagaimana implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung implementasi pemberdayaan perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha; faktor penghambat dan pendukung. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan kelas di whatsapp group dengan di ikuti oleh satu orang sebagai pemateri dan enam orang partisipan. Hasil penelitian implementasi pemberdayaan perempuan ini cukup baik. Dikarenakan kelas pemberdayaan perempuan ini merupakan keterampilan yang ingin di pelajari dan  keingintahuan team Hamasah Hijab Muslims sehingga banyak memberikan manfaat  untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha. Adapun faktor penghambat implementasi pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan aplikasi tiktok seller adalah pelaksanaan kelas kurang maksimal, penerimaan materi masih kurang, kurangnya rasa percaya diri. Sedangkan faktor penunjang keberhasilan implementasi pemberdayaan perempuan di dukung oleh berbagai faktor yaitu cukup baik minat team Hamasah Hijab Muslims untuk mengikuti kelas dan  perangkat yang cukup memadai.

Kata Kunci: pemberdayaan perempuan, aplikasi tiktok seller, motivasi wirausaha

References

Latipah, I. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Media Youtube Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausaha. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 83. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4150

Media, R. (n.d.). Abraham A, Sukses menjadi Artis dengan YouTube , Reform Media, Surabaya, 2011, hlm. 19. 1. 1–25.

Nurzaman, Y., & Widiastuti, N. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN WIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN LIFE SKILL TATA BOGA BAGI WARGA BELAJAR KEAKSARAAN (Studi Kasus di PKBM Srikandi Kota Cimahi). Comm-Edu (Community Education Journal), 2(3), 202. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2885

Ratnasari, S., Iip, S., & Ade Sadikin, A. (2021). Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(5), 74–86.

Sidauruk, K. N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TIKTOK sebagai Media Promosi Baru. Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–68.

Sugita, S., & Ansori, A. (2018). Upaya Dosen Kewirausahaan Sebagai Faktor Determinatif Dalam Menumbuhkan Motivasi Wirausaha Mahasiswa Ikip Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 127. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.1017

Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Anwas, O. M (2014). Pemberdayaan masyarakat di era global. Bandung : Alfabet.

Esterbag. (2002). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2023-05-29

Issue

Section

Articles