PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENUNJANG KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN KARANG TARUNA

Authors

  • Aldi Nur Mubarok IKIP Silwangi
  • Nunu Mahmud Firdaus IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v7i1.18365

Keywords:

Karang Taruna , kewirausahaan, media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam menjelaskan pemanfaat dari media sosial yang dapat membantu sebagai media dalam kegiatan berwirausaha oleh Karang Taruna RW 05 Desa Sukatani. Fungsi media sosial sering disebut juga sebagai media atau platform yang sering digunakan dikalangan masyarakat saat ini dalam memudahkan bagi setiap orang yang akan memulai berbisnis dan memasarkan produk dengan jangkauan konsumen yang lebih luas. Sehingga dengan cara tersebut dapat meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya membuat iklan produk.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena dalam fokus penelitian kali ini ialah memperhatikan perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat secara faktual. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, yang terbagi menjadi data primer dan data sekunder.
Dapat disimpulkan bahwa masih banyak pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna di Desa Sukatani belum memanfaatkan semaksimal mungkin media sosial sebagai penunjang dalam melakukan kegiatan kewirausaan. Untuk mengatasi hal tersebut pertama-tama yang dilakukan ialah membuat akun media sosial yang khusus digunakan untuk mempromosikan produk-produk penjualan sehingga tersebar luas.

Kata kunci: Karang Taruna , kewirausahaan, media sosial

References

Ansori. (2014). Model Pengembangan Kewirausahaan Santri Melalui Pondok Pesantren Berbasis Budaya Agribisnis Tanaman Palawija. Didaktik 8(1), 6-10.

Basrowi. (2011). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Darmadi, H. (2014: 287). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Teori Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hilda, I. (2011). Peran Karang Taruna dalam Pembinaan Generasi. Tesis, -.

Kaplan, A. M., & Michael , H. (2010). Users of the world, unite! The challanges and opportunities of Social Media. Business Horizons 53(1), 59-68.

Lusk, B. (2010). Digital Natives and Social Media Behaviors: An Overview. Prevention Researcher, 17(5), 3-6.

Mahdi, M. I. (2022, Febuari 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Retrieved from DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Nazir, M. (2017). METODE PENELITIAN. Bogor: Ghalia Indonesia.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Common 3(1), 71-80.

Putri, W. S., Nurwati, R. N., & S, M. B. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU REMAJA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4(1), 47-51.

Ram, A., & Horsley, J. S. (2017). The role of social media on positive youth development_ An analysis of 4-H Facebook page ang 4-H'ers' positive development. Children and Youth Services Review, 127-138.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.

Wardhana, A. (2022). KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS. Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA.

Wenti. (2013). Eksistensi Karang Taruna dalam Aktivitas Kepemudaan. Jakarta: Depertemen Sosial.

Downloads

Published

2024-02-20