PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALU GERAKAN PKK DI DESA CIHANJUANG

Authors

  • Ashri Bunga Dzikrillah IKIP Siliwangi
  • Ansori Ansori IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.2080

Abstract

abstrak

Kemajuan sebuah desa tidak akan terlepas dari keberhasilan seorang pemimpin dalam memimpin daerahnya. Dengan adanya undang-undang tentang desa yang memberikan wewenang kepada kepala desa untuk mengatur daerahnya sendiri sesuai dengan asal usul dan adat istiadat setempat. Salah satu cara yang dilakukan untuk mensejahterakan rakyatnya adalah dengan memanfaatkan organisasi kemasyarakatan salah satunya adalah PKK.Penelitian ini mengangkat permaslahan tentang : Bagaimana peran kepala desa dalam pemberdayaan perempuan melalui gerakan PKK. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran kepala desa dalam pemberdayaan perempuan melalui gerakan PKK. (2) Bagaimana strategi kepala desa dalam pemberdayaan perempuan melalui gerakan PKK. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, teori kepemimpinan, teori pemberdayaan dan teori organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Dengan subyek penelitian sebanyak 6 orang. Hasil dari penelitian ini adalah peran kepala desa menjadi jembatan dengan mitra-mitra terkait yang bekerja sama dengan PKK, seperti dinas sosial, dinas kesehatan, jumlah kader PKK desa Cihanjuang yang lebih dari 150 adalah hasil dari pemberdyaan perempuan yang dilakukan oleh kepala desa menggunakan seni-seni tertentu. Startegi Kepala desa yaitu memiliki seni tertentu dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat, khususnya masyarakat perempuan
Kata Kunci: Kepala Desa, PKK, Pemberdayaan

 

Author Biography

Ansori Ansori, IKIP Siliwangi

Pendidikan Luar Sekolah

References

Al-B, A. (Februari 2012). PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN BERBASIS KELUARGA DI PISAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT KANDAGA DESA MAYANG KECAMATAN CISALAK KABUPATEN SUBANG. Empowerment Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No 1, 53.

Martono, N. (2011). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyono, D. (2012). MENEGASKAN KARAKTER PENDIDIKAN NONFORMAL. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No 1, 66.

Novian, B. (2010). Sekilas tentang Pemberdayaan Perempuan. Artikel Sanggar Kegiatan Belajar Kota Pangkal Pinang.

Rivai, V. (2007). Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: PT.Raja Gravindo.

Soetopo, H. (2010). Perilaku Organisasi Teori dan Praktik di Bidang Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sudjana, D. (2010). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal. Bandung : Falah Production.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Suriningrat, B. (2001). Pemerintahan dan Administrasi. Bandung: PT. Mekar Djaya.

Zubaedi. (2013). PENGEMBANGAN MASYARAKAT : Wacana dan Praktik. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Downloads

Published

2018-09-29