PERAN KARANG TARUNA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS REMAJA (Studi kasus di Karang Taruna Remaja Kita RW 14 kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi selatan)

Authors

  • Yoga Finoza Crisandye IKIP SILIWANGI BANDUNG

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.2101

Abstract

ABSTRAK

Organisasi seperti Karang Taruna diberdayakan untuk mengubah generasi muda agar lebih baik dalam meneruskan pembangunan, dimana organisasi Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisipan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh masyarakat kuhususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan. Melalui wadah organisasi Karang Taruna, dibutuhkan pengembangan, pengarahan, pembinaan kearah pengembangan sumber daya manusia untuk kepentingan masa depan mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan organisasi karang taruna dalam menegembangkan kreativitas generasi muda, mengetahui perencanaan, pelaksaaan program Karang Taruna,dan mengetahui apakah kegiatan- kegiatan Karang Taruna  dapat menjembatani tumbuhnya kreatifitas remaja. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan organisasi karang taruna dalam mengembangkan kreativitas genearsi muda yaitu meliputi., melalui pembinaan  olahraga,  olahraga  yang  dimaksud  di  sini  adalah  futsal dan tenis meja, pembinaan keagamaan melalui pengajian remaja sedangkan pembinaan seni melalui qasidah remaja dan seni tari. Dari hasil kegiatan- kegiatan pembinaan  tersebut Karang Taruna dapat menjembatani tumbuhnya kreatifitas remaja khususnya kreativitas yang ada di Karang Taruna Remaja Kita di Kelurahan Cibeber.

References

Ansori. (2014). MODEL PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI MELALUI PONDOK PESANTREN BERBASIS BUDAYA AGRIBISNIS TANAMAN PALAWIJA. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/150, 7.

Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in the development of The Community. Empowerment, 7(1), 25-35.

Manunggal, S. (2015). Buku Karang Taruna Setyo Manunggal. Yogyakarta: Setyo Manunggal.

Moekijat. (1995). Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Rachmawati, Y. (2010). Stategi Pengembangan Kreatifitas. Jakarta: KENCANA.

RI, P. M. (2010). Pedoman Dasar Karang Taruna. Jakarta: Menteri Sosial RI.

Y.Londa. (2015). Peranan Organisasi Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. ejournal.unsrat.ac.id., 2-3.

Downloads

Published

2018-09-29