meningkatkan disiplin anak usia dini melalui kegiatan parenting di kelompok bermain al aqwam kecamatan pameungpeuk

Authors

  • rika rika kurniati IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.2108

Keywords:

Parenting, Anak Usia Dini, Kedisiplinan

Abstract

Merujuk pada permasalahan yang ada yaitu kurangnya kedisiplinan anak, peneliti mencoba mencari solusinya, yaitu melalui kegiatan parenting. Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting di Kober Al- Aqwam Kecamatan Pameungpeuk. 2, Untuk mengetahui proses penyelenggaraan kegiatan parenting untuk meningkatkan disiplin anak usia dini berpengaruh terhadap orang tua, 3. Untuk Mendeskripsikan hasil penyelenggaraan kegiatan parenting untuk meningkatkan disiplin anak usia dini.

Dalam penelitian ini akan menggunakan beberapa metode. Adapun pendekatan penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literature, yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah orangtua anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Aqwam Kecamatan Pameungpeuk.

Hasil penelitian ini merujuk bahwa tingkat kemampuan disiplin anak masih kurang sebelum dilaksanakan kegiatan meningkatkan disiplin anak usia dini melalui kegiatan parenting, tetapi sesudah dilaksanakannya kegiatan tersebut sudah terlihat ada peningkatan. Hasil penelitian ini sudah mencapai indikator yang diharapkan dengan Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting di Kober Al- Aqwam Kecamatan Pameungpeuk.

Kata kunci : Parenting, Anak Usia Dini, Kedisiplinan

References

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). PROGRAM PARENTING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KELUARGA. ABDIMAS SILIWANGI, 1(1), 1-8.

George Prasetya Tembong. (2006). Smart Parent. Jakarta. PT. Gramedia

Hoghughi. (2004. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung. Tarsito

Hurlock, (2010). Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Gramedia

Iksan Baihaqi dan Ibnu Bukhari (2013). Anak Usia Dini. Jakarta. Grasindo

Rutter. (2001). Pendidikan Keluarga. Bandung. Mandar Maju.

Shochib. (2010). Pola Asuh Orangtua. Jakarta. Rineka Cipta.

Soelaeman. (1994 ). Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung. Remaja Rosdakarya

Suryadi, (2013). Kedisipilan Anak Usia Dini. Bandung. Falah Production

Downloads

Published

2018-09-29