PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KESETARAAN PAKET C MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA

Authors

  • Ersa Rahayu IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.2228

Keywords:

pramuka, karakter, peserta didik

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan hasil kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter terhadap peserta didik Paket C, Penelitian ini merupakan pe-nelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Menurut T. Ramli (2003), pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Undang-undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2010 pasal 1 tentang kepramukaan : Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter merupakan sarana yang tepat untuk membentuk karakter  peserta didik. Pelaksanaan  yang digunakan untuk membentuk karakter adalah pemberian nasihat, pemberian sanksi dan pemberian penghargaan, keteladanan Pembina Pramuka, pemberian tugas, dan pencapaian SKU dan SKK. Kesimpulan nya adalah kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dapat membantu  merubah karakter peserta didik dalam pembentukan sikap, pengetahuan, kesadaran dan motivasi diri peserta didik.

References

Jihad, A. dkk. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Implementasi. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Kemdiknas.

Mulyono, D. (2017). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal. Empowerment, 1(1).

Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT. Raja-grafindo Persada.

Usman, M.U. dan Setiawati, L. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter: Stra-tegi Membangun Karakter Bangsa dan Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widodo, A.HS. 2014. “Pendidikan Kepra-mukaan sebagai Kegiatan Ekstra-kurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengahâ€. Makalah Di-sajikan dalam Workshop Implemen-tasi Ekstrakurikuler Wajib Pramuka dalam Kurikulum 2013 di Universitas Negeri Yogyakarta pada Tanggal 29 November 2014.

Downloads

Published

2018-09-29