MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PELATIHAN OTOMOTIF SEPEDA MOTOR DI LKP TUNAS MUDA

Authors

  • Muhamad Zeni Safari IKIP Siliwangi
  • Muhammad Arif Ramadhan IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2514

Abstract

Abstrak

Pelatihan merupakan unsur yang penting dalam meningkatkan produktifitas individu dengan pelatihan keterampilan yang di dapatkan akan semakin terasah dan pengalaman yang didapatkan semakin banyak. Pelatihan mempersiapakan perserta didik supaya prestasi mampu menembuhkan motivasi yang tinggi supaya bisa berinovasi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik supaya lebih baik. Teori yang melandasi dalam artikel ini adalah tentang Pelatihan, motivasi belajar. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini jumlah responden lima orang yang terdiri dari lima orang peserta didik satu orang struktur satu orang pengelola adapun lokasi yang dipilih adalah di desa gadobangkong, kecamatan ngamprah, kab bandung barat sebagai tempat pelatihan Lkp Tunas muda. Adapun hasil yang di peroleh menunjukan bahwa usaha Pengelola supaya peserta didik terus berperan aktif selama mengikuti pembelajaran berlangsung ialaha dengan menggunakan teknik persuasif dalam menumbuhkan sikap dan prilaku peserta didik sehingga peserta didik bertindak sesuai dengan apa yang pengelola harapkan. Dari penelitian ini menggambarkan secara umum bahwa supaya bisa mengahasilkan peserta didik yang prestasi, berwawasan tinggi, serta pemahaman yang baik dan mamapu berinovasi tergantung dari metode atau cara pengelola yang di terapkannya.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Meningkatkan Motivasi

References

Sudrajat, A. (2008). Teori-teori Motivasi. Tersedia juga dalam http://akhmadsudrajat. wordpress. com/2008/02/06/teori-teori-motivasi/[diakses di Bandung: 9 Oktober 2012].

“UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional - Referensi HAMâ€

Bachtiar, Tedy. "PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA DIVISI PRODUKSI KARYAWAN PADA PT. UTAMA GAS MULTI PERKASA CABANG SERANG." Sains Manajemen 4.1 (2018).

Lubis, K. A. (2008). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan (Master's thesis).

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu.2005. Evaluasi Kerja Sumber Daya Manusia. Cetalam l. Bandung: Refika Aditama

GUSTIAN, RIFAL. MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN PASIRMULYA 1 (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SDN Pasirmulya 1 Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Diss. FKIP UNPAS, 2016.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bumi khatulistiwa. ALFABETA

Downloads

Published

2019-05-27