MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PELATIHAN OTOMOTIF SEPEDA MOTOR DI LKP TUNAS MUDA
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2514Abstract
Abstrak
Pelatihan merupakan unsur yang penting dalam meningkatkan produktifitas individu dengan pelatihan keterampilan yang di dapatkan akan semakin terasah dan pengalaman yang didapatkan semakin banyak. Pelatihan mempersiapakan perserta didik supaya prestasi mampu menembuhkan motivasi yang tinggi supaya bisa berinovasi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik supaya lebih baik. Teori yang melandasi dalam artikel ini adalah tentang Pelatihan, motivasi belajar. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini jumlah responden lima orang yang terdiri dari lima orang peserta didik satu orang struktur satu orang pengelola adapun lokasi yang dipilih adalah di desa gadobangkong, kecamatan ngamprah, kab bandung barat sebagai tempat pelatihan Lkp Tunas muda. Adapun hasil yang di peroleh menunjukan bahwa usaha Pengelola supaya peserta didik terus berperan aktif selama mengikuti pembelajaran berlangsung ialaha dengan menggunakan teknik persuasif dalam menumbuhkan sikap dan prilaku peserta didik sehingga peserta didik bertindak sesuai dengan apa yang pengelola harapkan. Dari penelitian ini menggambarkan secara umum bahwa supaya bisa mengahasilkan peserta didik yang prestasi, berwawasan tinggi, serta pemahaman yang baik dan mamapu berinovasi tergantung dari metode atau cara pengelola yang di terapkannya.
Â
Kata Kunci: Pelatihan, Meningkatkan Motivasi
References
Sudrajat, A. (2008). Teori-teori Motivasi. Tersedia juga dalam http://akhmadsudrajat. wordpress. com/2008/02/06/teori-teori-motivasi/[diakses di Bandung: 9 Oktober 2012].
“UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional - Referensi HAMâ€
Bachtiar, Tedy. "PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA DIVISI PRODUKSI KARYAWAN PADA PT. UTAMA GAS MULTI PERKASA CABANG SERANG." Sains Manajemen 4.1 (2018).
Lubis, K. A. (2008). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan (Master's thesis).
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu.2005. Evaluasi Kerja Sumber Daya Manusia. Cetalam l. Bandung: Refika Aditama
GUSTIAN, RIFAL. MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN PASIRMULYA 1 (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SDN Pasirmulya 1 Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Diss. FKIP UNPAS, 2016.
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bumi khatulistiwa. ALFABETA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.