GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG KECANDUAN GAME ONLINE

Authors

  • Sofi Masfiah IKIP Siliwangi
  • Resti Vidia Putri IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.2970

Abstract

Saat ini game online merupakan salah satu permaianan media online yang digemari semua orang, dimulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orangtua. Beberapa diantaranya anak-anak yang sedang menempuh pendidikan sekolah menjadi kecanduan bermain game online dan berimbas pada motivasi belajarnya. Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa yang sudah kecanduan game online, dengan subjek penelitian tiga siswa SMP Negeri 3 Padalarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ketiga siswa tersebut memiliki gambaran motivasi belajar yang rendah yang diakibatkan karena mereka bermain game online sehingga waktu belajar mereka berkurang, bahkan waktu makan, dan cara mereka berkomunikasi dengan keluarganya juga terganggu karena bermain game online.

 

Kata kunci: Game Online, Motivasi Belajar.

References

Adams E & Rollings A. (2010). Fundamentals Of Game Design, 2nd ed. Barkeley, CA: New Riders.

Arikunto, Suharsimi. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Badudu JS, Sultan MZ. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Cooper A. (2000). Seks Maya: The Dark Side Of The Force: A Special Issue of The Journal Sexual Addiction & Compulsivity. Philadelphia: G.H. Buchanan.

Hadi, Sutrisno. (2001). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset

Jonathan, A. Smith. (2009). Dasar-Dasar Psikologi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Malahayati, Dara. (2012). Hubungan Kebiasaan Bermain Video Game dengan Tingkat Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah. Skripsi Universitas Indonesia. (online), (http://lib.ui.ac.id, diakses pada 16 september 2015, pukul 17:15 WITA).

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Yin, Robert K. (2003). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2019-01-28