PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI PADA SISWA SMA

Authors

  • Rahmah Winnit Mardhiyyah IKIP Siliwangi
  • Firawati Indiriani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i4.485

Abstract

Prokrastinasi adalah sebuah perilaku menunda dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Banyaknya siswa SMA yang terbiasa melakukan prokrastinasi dapat berdampak negatif bagi keberhasilan pembelajaran setiap siswa. Untuk mengurangi perilaku tersebut guru BK membantu siswa dengan menggunakan layanan konseling behavioral. Layanan konseling behavioral yang dilakukan oleh guru BK berguna untuk merubah perilaku yang sebelumnya berdampak negatif menjadi perilaku baru yang diharapkan dan memberi dampak positif bagi siswa. Layanan konseling behavioral ini dilakukan dengan menggunakan teknik asertif, teknik ini dipilih berdasarkan adanya hubungan negatif diantara perilaku asertif dengan perilaku prokrastinasi. Sehingga konseling ini dapat meningkatkan perilaku asertif yang akan menurunkan perilaku prokrastinasi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan konseling behavioral menggunakan teknik asertif dapat menurunkan perilaku prokrastinasi pada siswa SMA.

 

Kata Kunci: Prokrastinasi, Konseling Behavioral, Teknik Asertif

References

Antari, M. S., Suarni, N. K., & SULASTRI, M. S. (2013). Penerapan Konseling Behavioral Teknik Asertif Untuk Meminimalisir Munculnya Perilaku Prokrastinasi Akademik Kelas X 4 Sma Laboratorium Undiksha. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1(1).

Febriani, R., Suarni, W. O., & Aspin, A. (2017). Konseling Kelompok Behavioral Dengan Teknik Asertif untuk Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di Mts Negeri 1 Kendari. Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan dan Konseling), 1(2).

Husetia, Y. (2010). Hubungan asertivitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang (Doctoral dissertation, UNDIP).

Ilyas, M., & Suryadi, S. (2018). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Islam Terpadu (It) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. An-Nida', 41(1), 71-82.

Juliawati, D. (2016). Peran Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Mengurangi Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Khan, R. I. (2012). Perilaku Asertif, Harga Diri dan Kecenderungan Depresi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Monica, M. A., & Gani, R. A. (2016). Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar pada Peserta Didik Kelas Xi SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 113-126.

Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah pertama muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 26-31.

Nabilla, A. P. (2019). Penggunaan Pendekatan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Cinema Therapy Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Di SMA Swasta Dharmawangsa Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rahayu, S. M. (2017, August). KONSELING KELUARGA DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL: STRATEGI MEWUJUDKAN KEHARMONISAN DALAM KELUARGA. In PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2017 (Vol. 1, pp. 264-272).

Rahmatia, R., & Rahman, N. H. A. (2015). Model pengentasan sikap prokrastinasi akademik (studi pengembangan berbasis cognitive behavior therapy). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 1(2), 133-149.

Sundari, R. (2017). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING BEHAVIOTAL DENGAN TEKNIK EXTINCTION UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Westri, P. (2016). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DISKUSI MELALUI PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Wiladantika, K. P., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Downloads

Published

2018-07-14