PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 2 KADUNGORA

Authors

  • Ina Katerina IKIP SILIWANGI
  • R.Ika Mustika IKIP SILIWANGI
  • Ecep Supriatna IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i6.5873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kadungora. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen desain one group pretest posttest Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Kadungora. Melalui teknik probabilitas sampling ditentukan sampel penelitian sejumlah 52 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS 22 untuk diuji paired sample t-test. Berdasarkan skor pretest posttest diketahui rata-rata motivasi belajar siswa setelah dilakukan layanan bimbingan belajar mengalami peningkatan. Terdapat pengaruh signifikan dari layanan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kadungora ( p=0,00). 

Kata Kunci: Motivasi belajar, layanan bimbingan belajar.

 

References

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman,A.M, (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Setianingsih, M. (2009) Peranan Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Studi Kasus Mata Pelajaran Tarikh). Skripsi Thesis, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mamahit, Henny Christine. 2014. Hubungan Antara Beterminasi Diri dan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. Jurnal PsikoEdukasi volume 12, Nomor 2 Tahun 2014.

Nasiyati, Nur. 2014. Skripsi: Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Regulasi Diri Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Pada Fungsionaris UKM The Green Scientist Society Periode 2014. Semarang. (tidak diterbitkan).

Peilow, Florence J dan M. Nursalim. 2013. Hubungan Pengambilan Keputusan dengan Kemandirian belajar dan Self-Efficacy pada Remaja. Jurnal UNESA volume 01, Nomor 02 Tahun 2013.

Yusuf , S & A. Juntika Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-11-11