PERANAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA

Ayi Lasturi Komalaningrum, Doddy Sofyan, Diwan Ramadhan Jauhari

Abstract


Secara garis besar masalah yang muncul dalam penelitian ini terdapat dua bagian, yaitu: (1) masalah umum yaitu sejauh manakah peranan penegakkan tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Cisolok Kabupaten  Sukabumi. (2) masalah khusus yaitu bagaimanakah penegakkan tata tertib sekolah di SMA Negeri 1 Cisolok Kabupaten Sukabumi; bagaimanakah prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Cisolok Kabupaten Sukabumi; Bagaimanakah peranan penegakkan tata tertib sekolah terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Cisolok Kabupaten Sukabumi. Setelah mempertimbangkan dari segi obyektifitasnya maka dalam penelitian ini ditetapkan untuk menggunakan metode deskriptif yaitu bentuk penelitian yang tertuju pada pemecahan masalah actual yang terjadi pada masa sekarang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, studi literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Cisolok dan sebagiannya ditetapkan sebagai sampel. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: (1) kesimpulan umum: penegakkan tata tertib sekolah akan berimplikasi positif terhadap prestasi hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Cisolok. (2) Kesimpulan khusus: (a) penegakkan tata tertib sekolah di SMA Negeri 1 Cisolok telah berjalan dengan baik; (b) prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Cisolok Kabupaten Sukabumi dapat dilihat dari indikator-indikator sebagai berikut: hasil nilai dalam ulangan harian rata-rata baik; hasil nilai dalam ulangan tengah semester rata-rata baik; hasil nilai ulangan ahir semester rata-rata baik; (c) implikasi dari penegakkan tata tertib sekolah terhadap prestasi hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Cisolok Kabupaten Sukabumi dapat dilihat dari indikator: peningkatan motivasi dalam proses belajar; dan pengaruh mentaati tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.