LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA SMA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Authors

  • Putri Laila Qareeba IKIP Siliwangi
  • Ragil Amida Armi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.67

Abstract

Layanan bimbingan karier yaitu suatu kegiatan berupa pemberian bantuan kepada siswa dengan tujuan agar siswa mampu menyesuaikan diri dan memperoleh pemahaman tentang dunia kerja sehingga  pada akhirnya siswa mampu menentukan pilihan kerja dan membuat rencana karir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan bimbingan karier dalam membantu siswa untuk lebih siap dalam menghadapi ujian nasional dan meniti karier kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data mengenai tingkat kecemasan siswa diungkapkan dengan menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasaan cemas yang dialami oleh siswa tidak diikuti dengan gejala-gejala berat yang dapat menganggu aktivitas atau bahkan menganggu jalannya ujian nasional. Layanan bimbingan karier bisa menjadi salah satu cara dalam mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian nasional, dan juga ujian akhir lainnya yang bertujuan sebagai langkah awal siswa dalam mempersiapkan jenjang kariernya

Kata Kunci: layanan bimbingan karier, ujian nasional, kecemasan

References

Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93-99.

Apriliana, I. P. A. (2018). Tingkat kecemasan siswa SMK menghadapi ujian nasional berbasis komputer tahun 2018. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 37-44.

SJ, D. F. Z. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Kota Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(3), 111-116.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).

Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2009). Dampak ujian nasional. Laporan Hasil Penelitian Jurusan PEP.

Nurvaeni, I. A. (2015). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan kesiapan menghadapi pensiun pada guru SD di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015-2016. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(4).

Setiyowati, E. (2015). Hubungan Efektivitas Bimbingan Karir dan Orientasi Masa Depan dengan Keputusan Karir Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Downloads

Published

2019-01-02