LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAT KEDISIPLINAN SISWA

Yayu Hindayah, Budiarti SW, Tita Rosita

Abstract


Terlambat ke sekolah merupakan perilaku tidak disiplin peserta didik karena disiplin itu adalah persesuaian terhadap keadaan, dimana seseorang mampu menggerakan, mengatur dan mengendalikan dirinya dalam segala hal dan pengendaliannya berada dalam dirinya masing-masing dan harus disesuaikan dengan nilai-nilai agama dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Layanan Bimbingan Konseling Individual Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa, kemudian untuk mengetahui hambatan dan hasil yang telah dicapai dalam Layanan Bimbingan Konseling Individual di SMPN Satu Atap Cikoneng Kabupaten Bandung.Peneliti ini bertitik tolak dari adanya layanan bimbingan dan konseling individual bagi setiap peserta didik untuk memahami dirinya dan duniannya, mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada, dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku dan berdasarkan nilai agama. Dengan demikian, layanan bimbingan konseling individual di SMPN Satu Atap Cikoneng terus melakukan usaha yang terbaik untuk peserta didiknya. Tentu saja dengan adanya layanan tersebut sangat membantu peserta didik dalam memahami dirinya dan mengembangkan potensinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah : menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan populasi dan sampel penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, Dari data yang penulis peroleh, maka  penulis mengambil kesimpulan bahwa layanan Bimbingan dan konseling  dalam meningkatkan kedisiplinan Siswa SMPN Satu Atap Cikoneng, guru bimbingan dan konseling mampu menjadi  pembimbing, contoh dan teladan, pengawasan dan pengendali. Dimana guru bimbingan dan konseling senantiasa mengawasi perilaku peserta didik pada jam-jam sekolah. Agar tidak penyimpangan perilaku atau tindakan yang indisiplin. 

Terlambat ke sekolah merupakan perilaku tidak disiplin peserta didik karena disiplin itu adalah persesuaian terhadap keadaan, dimana seseorang mampu menggerakan, mengatur dan mengendalikan dirinya dalam segala hal dan pengendaliannya berada dalam dirinya masing-masing dan harus disesuaikan dengan nilai-nilai agama dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Layanan Bimbingan Konseling Individual Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa, kemudian untuk mengetahui hambatan dan hasil yang telah dicapai dalam Layanan Bimbingan Konseling Individual di SMPN Satu Atap Cikoneng Kabupaten Bandung.

Peneliti ini bertitik tolak dari adanya layanan bimbingan dan konseling individual bagi setiap peserta didik untuk memahami dirinya dan duniannya, mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada, dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku dan berdasarkan nilai agama. Dengan demikian, layanan bimbingan konseling individual di SMPN Satu Atap Cikoneng terus melakukan usaha yang terbaik untuk peserta didiknya. Tentu saja dengan adanya layanan tersebut sangat membantu peserta didik dalam memahami dirinya dan mengembangkan potensinya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah : menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan populasi dan sampel penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data,

Dari data yang penulis peroleh, maka  penulis mengambil kesimpulan bahwa layanan Bimbingan dan konseling  dalam meningkatkan kedisiplinan Siswa SMPN Satu Atap Cikoneng, guru bimbingan dan konseling mampu menjadi  pembimbing, contoh dan teladan, pengawasan dan pengendali. Dimana guru bimbingan dan konseling senantiasa mengawasi perilaku peserta didik pada jam-jam sekolah. Agar tidak penyimpangan perilaku atau tindakan yang indisiplin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.