MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p679-686Keywords:
Mathematical Communication Ability, Self-Efficacy, Realistic Mathematics EducationAbstract
References
Anasrudin, Misu, L., & Nadia, L. (2014). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kendari. Jurnal Penelitian Pendikan Matematika, 2(2).
Fitrina, T., Ikhsan, M., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 87–95.
Hasanah, S., Rochmad, & I.Hidayah. (2012). Pembelajaran model reciprocal teaching bernuansa pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan komuniasi matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 134–138.
Hendriana, H., Rohaeti, E. ., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.
Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematika serta Kemandirian Belajar. dalam Jurnal Delta-fi, 2(1).
Kadarisma, G. (2017). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP dalam Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 61–66.
Putra, J. D., & Sibarani, P. A. (2015). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis LKS dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Baptis Batam Tahun Pelajaran 2013/2014, 4(1), 28–38.
Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 157–170.
Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation between Self-Efficacy toward Math with the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177–182.
Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pendekatan Saintifik berbasis Etnomatematika. P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 53–56.
Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI Sma Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 81–86.
Zakiah, L., Saomi, A. S. N., Syara, R., Hidayat, W., & Hendriana, H. (2018). THE EFFICIENCY OF USING EDUCATION VIDEOS ON THE LINEAR PROGRAM MATERIAL AS OBSERVED IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS’MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY. Journal Of Educational Experts (JEE), 1(1), 11-18.