ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Authors

  • Niva Ramadhani Putri IKIP Siliwangi
  • Enni Astari Nursyahban IKIP Siliwangi
  • Gida Kadarisma IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p157-170

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematik, Segitiga dan Segiempat, Kualitatif Deskriptif

Abstract

Kemampuan pemahaman matematik merupakan tujuan penting dalam pembelajaran. kemampuan pemahaman matematik memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sebagai hafalan. Siswa yang memiliki pemahaman matematik memiliki fondasi atau dasar yang lebih kokoh dalam belajar matematika. Pada artikel ini  kemampuan pemahaman matematik siswa SMP dianalisis pada materi segitiga dan segiempat. Materi segitiga dan segiempat adalah salah satu materi pembelajaran siswa SMP kelas VII semester genap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek terbatas yaitu sembilan orang siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP Kabupaten Bandung Barat, dengan klasifikasi siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman matematik sebanyak tujuh soal dan pedoman wawancara.  Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematik yang dimiliki siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat berdasarkan pada tes tulis dan hasil wawancara dengan siswa yang masih tergolong rendah. 

References

Martunis, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Model Pembelajaran Generatif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 75–84.

Mawaddah, S., & Ratih Maryanti. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 4(April), 76–85.

Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19–23.

Purwosusilo. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta). Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 30–40.

Suhandri. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP/MTs dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 240–249.

Syifaya, N. (2012). Penerapan Pembelajaran Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) melalui Pemberian Resitasi Di Akhir KBM dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat†(Penelitian Eksperimen di MT. UIN Sunan Gunung Djati.

Yezita, E., Rosha, M., & Yerizon. (2012). Mengkonstruksi Pengetahuan Siswa pada Materi Segitiga dan Segiempat Menggunakan Bahan Ajar Interaktif Matematika Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 54–59.

Downloads

Published

2018-04-19

Issue

Section

Articles