HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DENGAN HABITS OF MIND SISWA SMK YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs)

Authors

  • Agfie Nurani Hanifah Student of IKIP Siliwangi
  • Mirna Mirna Student of IKIP Siliwangi
  • Hana Rizkia Mulianty Student of IKIP Siliwangi
  • Nelly Fitriani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p29-36

Keywords:

Berfikir kritis matematis, Habits of mind, model eliciting activities(MEAs)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan habits of mind siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan diambil dua kelas yang berbeda, dimana kelas pertama mendapatkan pembelajaran dengan Pendekatan MEAs dan kelas kedua menggunakan pembelajaran biasa. Populasinya merupakan seluruh siswa pada salah satu SMK di kabupaten Bandung dengan sampel yang diambil dua kelas. Kedua kelas diberikan pretes dan angket awal untuk mengetahui kemampuan awal mereka, selanjutnya pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan MEAs dan kelas kontrol diberikan pembelajaran biasa, dan di akhir kedua kelas diberikan postes dan juga angket akhir, yang mana data di akhir tersebut akan di olah dan di analisis korelasinya menggunakan Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan habits of mind siswa dalam pembelajaran matematika.

Author Biography

Agfie Nurani Hanifah, Student of IKIP Siliwangi

Mathematics education

References

Abdullah, I. H. (2016). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).

Dodi, Syamsuduha. (2010). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Goemeter’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Handayani, A. D. (2015). Mathematical Habits Of Mind: Urgensi Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2).

Karim, Abdul. (2010). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis Matematis

Siswa SMP melalui Pembelajaran Model Reciprocal Teaching. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Nurjannah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Representasi Visual Matematis Dan Habits Of Mind Siswa Smp. (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).

Rahmayanti, F., Ramdani, A., & Japa, L. (2014). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu alam SMAN 2 Gerung Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi.

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation between Self-Efficacy toward Math with the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177-182.

Ramdani, Y. (2006). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan, 22(1), 1-14.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18).

Rofikho, S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jamblang Kabupaten Cirebon pada Materi Segitiga. (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Summerfield, J., & Anderson, P. M. (2012). A framework adrift. College English, 74(6), 544-547.

Downloads

Published

2018-01-17

Issue

Section

Articles