MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Dwi Candra Kusuma, Risma Amelia

Abstract


Pendekatan yang berpeluang dapat meningkatkan disposisi matematis siswa adalah pembelajaran berbasis masalah, sehingga tampil aktif dan memberi respon yang positif terhadap pembelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan pencapaian disposisi matematis siswa sekolah menengah pertama yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi yang diambil adalah siswa SMP Negeri di Purwakarta dengan sampel kelas VIIA dan kelas VIIB. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen non-tes berupa skala disposisi dan skala pandangan siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah.Analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji t, uji t’ dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menyatakan bahwa disposisi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Sementara pandangan siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah menunjukkan kriteria yang cukup. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah sebaiknya digunakan dengan perencanaan yang matang karena memerlukan waktu yang relatif lama dalam pelaksanaannya.

Keywords


Disposisi matematis, pembelajaran berbasis masalah

References


Amir, M.T. (2008).Inovasi Pendidikan Melalui Peoblem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hendriana, H., Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Herman, T. (2007).Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama.[Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._1Januari_2007/6._Tatang_Herman.pdf[17 Juli 2017]

Lidinillah, A.M. (2014). Konsep Dasar Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem Based Learning.(PBL).[Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/KDTASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_(KD-TASIKMALAYA)-19790[29 Agustus 2017]

Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). “Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.147-158.

Ruseffendi, E.T. (1993). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi: tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T (2006). Pengantar kepada Membantu Gutu Mengembangkan Kompetensinya dalam Meningkatkan Matematika dalam CBSA. Bandung: Tarsito.

Rusmono (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudjana (2005).Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono (1990).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah.

Sumarmo, U. (2004). “Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi”.Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.25-48.

Sumarmo, U. (2012). “Proses Berpikir Matematik: Apa dan Mengapa Dikembangkan”. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.429-485.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zulkarnaen, R., Hamidah, Sariningsih, R. (2012). “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik: Eksperimen terhadap siswa SMA menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Talk-Think-Write”. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.371-392.

Sumarmo, U. (2013). “Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika”.Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.189-214.

Tasdikin (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.[Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/id/eprint/10445[17 Agustus 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 --------------------------------------------------------------------------------

JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Publisher Address:

HKI & Publikasi IKIP Siliwangi

Building D - First Floor - Room D-12

Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi

jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

 

JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-221X  e-ISSN: 2614-2155

 

JPMI has been indexed at: 

Google Scholar.

  

 



View JPMI Stats