Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Tugas Problem Posing Materi SPLDV Siswa MTs

Authors

  • Mela Setianti IKIP Siliwangi
  • Mirayanti Mirayanti IKIP Siliwangi
  • Nur Afriani Agustin IKIP Siliwangi
  • Solihat Solihat IKIP Siliwangi
  • Veny Triyana Andika Sari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p37-44

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Posing, SPLDV

Abstract

Kemampuan matematis adalah kemampuan untuk menghadapi permasalahan, baik dalam matematika maupun kehidupan nyata. Kemampuan matematis terdiri dari Penalaran matematis, komunikasi matematis, pemecahan masalah, pemahaman konsep, pemahaman matematis, berpikir kreatif dan berpikir kritis. Dalam aspek pemecahan masalah matematika diperlukan pemikiran-pemikiran kreatif dalam merumuskan dan menyelesaikan model atau perencanaan pemecahan masalah. Salah satu materi yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kreatif yaitu SPLDV, siswa dituntut untuk menuangkan ide-ide kreatifnya, karena penyelesaian soal SPLDV banyak cara metode yang dapat  digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap siswa MTs Kelas VIII melalui tugas Problem Posing pada materi SPLDV. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang terdiri dari 2 orang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang siswa berkemampuan sedang, dan 2 orang berkemampuan rendah. Segala sesuatu yang akan diukur diantaranya tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang berdasarkan indikator-indikatornya sebanyak 5 soal berbentuk essay. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh pola Persentase penyelesaian masalah seluruh subjek penelitian tiap indikator kemampuan berpikir kreatif matematik yaitu : (1) kelancaran (Fluency) 64,63% ; (2) Kelenturan (Flexibility) 44,20% ; (3) Keaslian/ orisinalitas (Originality) 48,58% ; (4) Elaborasi (Elaboration) 62,50%.

Downloads

Published

2018-01-17

Issue

Section

Articles