PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI PERBANDINGAN

Authors

  • Ghina Nurul Zannati IKIP Siliwangi
  • Aflich Yusnita Fitrianna IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p107-112

Keywords:

Mathematical reasoning ability, the independence of learning

Abstract

This study aims to investigate how significant the ability of mathematical reasoning is influenced by the independence of learning on comparative materials. The method used in this study is correlational method with quantitative approach. The population in this study were students of SMP / MTs in Kota Cimahi and the samples were 30 students of MTs Al-Musyahadah Cimahi. The instrument in this research is a test of 6 questions about comparison of mathematical reasoning ability and 32 scale statements of scale self-learning. The data analysis technique, which was applied, is the prerequisite analysis test in the form of normality test and correlation test. The results of this study concluded that students' mathematical reasoning ability on comparison material is positively influenced by learning independence 57.33% and the remaining 42.67% is determined by other factors.
 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruhi kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi perbandingan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP/MTs di Kota Cimahi dan sampelnya sebanyak 30 orang di MTs Al-Musyahadah Cimahi. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran matematis sebanyak 6 butir soal materi perbandingan yang sudah divalidasi serta diuji cobakan dan skala kemandirian belajar sebanyak 32 skala pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa uji normalitas dan uji kolerasi. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan penalaran matematis siswa pada materi perbandingan dipengaruhi positif oleh kemandirian belajarnya 57,33% dan sisanya 42,67% ditentukan oleh faktor lain.

  

Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar

References

Darma, Y., M. Firdaus, R. Haryadi. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, 14(1): 169-178.

Fitriana, L. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation dan STAD terhadap Prestasi belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. (Tesis). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas Maret.

Haerudin. (2013). Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2): 183-193.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28.

Hidayat, W., & Prabawanto, S. (2018). Improving students’ creative mathematical reasoning ability students through adversity quotient and argument driven inquiry learning. In Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012005.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 2(1), 107-116.

Nuridawani, Said, M., Saiman. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2): 59-71.

Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1): artikel 2.

Riduwan. (2010). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.

Rini, J., Budiyono, Imam S. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(8): 779-790.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129-136.

Wijayanti, H., Huri. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Jakarta, FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI: 240-248.

Zannati, G. N. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matemtis Siswa pada Materi Bangun Datar di MTs Al-Musyahadah, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Bandung, STKIP Siliwangi: 1585-1593.

Downloads

Published

2018-04-19

Issue

Section

Articles