PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK SISWA KELAS IX SMP PGRI 4 CIMAHI

Authors

  • Ipah Saripah Universitas IKIP Siliwangi Bandung
  • Eli Syarifah Aeni Universitas IKIP Siliwangi Bandung
  • Agus Priyanto Universitas IKIP Siliwangi bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i5.11271

Abstract

Abstrak

 

Latarbelakang penelitian dilakukan karena minimnya keterampilan  siswa dalam menuangkan ide kedalam karya tulis berupa cerpen. Hal itu terjadi karena pengajar tidak menerapkan model pembelajaran yang cocok dengan materi pembelajaran. Karena itu, peneliti merekomendasikan model pembelajaran yang lebih efektif yaitu Project Based Learning yang bisa dipakai oleh pengajar dalam pembelajaran teks  menulis cerita pendek. Adapun Populasi dalam penelitian ini berjumlah 24 orang peserta didik. Metode yang diterapkan pada penelitian yaitu quasi eksperimental design. Berdasarkan hasil tes, dapat dilihat terjadi peningkatan hasil pretest pada posttest sebesar 65,42 menjadi 76,29. Jadi, peneliti dapat simpulkan bahwa implementasi model Project Based Learning pada pembelajaran cerpen berhasil meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas IX SMP PGRI 4 Cimahi.

 

Kata Kunci: Menulis, Cerita pendek, Project Based Learning

References

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013.

Cahyani, I, Nugroho, A. R, Rahma, R. (2020). “Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Narasiâ€. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1016.

Ismayani, M. (2013). Teknik Bermain Peran dalam Pembelajaran apresiasi Cerpen. Semantik, 2, 43–52.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Pemerintah No.64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur†Karya Hasta Indriyana. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 101- 114.

Sobari, T. (2012). Penerapan Teknik Siklus Belajar dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokasional di SMK. Jurnal Semantik, 1(1), 17–41.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. . (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2(19), 177–186.

Yulisna, R. (2018). Kontribusi Kemampuan Memahami Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(2), 72–83.

Downloads

Published

2022-09-28