EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LATIHAN TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA BERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa STKIP Siliwangi Bandung Tahun Akademik 2013-2014)

Aditya Permana, Rahmat Widayat

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya kemampuan mahasiswa dalam menulis naskah drama serta  kurang kreatifnya pemilih bahan ajar, penggunaan metode, dan media pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran latihan terbimbing menggunakan media berita efektif dalam pembelajaran menulis naskah pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2013-2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Pembelajaran Latihan Terbimbing menggunakan Media Berita dalam pembelajaran menulis naskah drama pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Eksperimen dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan Metode Latihan Terbimbing menggunakan media berita dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kedua kelompok tersebut diberi pengajaran yang sesuai dengan penelitian tersebut dan dalam waktu-waktu tertentu diberikan tes, baik yang berupa tes awal (pre-test) maupun teRakhir (post-test). Setelah proses pembelajaran selesai, peneliti membandingkan hasil belajar dari kedua kelompok tersebut. Uji Mann-Whitney digunakan penulis untuk menghiung rata-rata nilai pratest dan  rata-rata nilai pascates. Temuan penelitian adalah metode pembelajaran latihan terbimbing menggunakan media berita efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama pada pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung. Hal ini dapat dibuktikan  dari nilai rata-rata tes akhir pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, yakni nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,15 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,83. Selain itu, keefektifan dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa nilai z hitung > z table, yakni 6,10015 > 1,96.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode latihan terbimbing menggunakan media berita lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.



DOI: http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i1p1-16.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PAROLE (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is published by IKIP Siliwangi Bandung, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: parole@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: PAROLE 

 

PAROLE by http://journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/parole is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-624X

e-ISSN: 2614-6231

 

 

View My Stats