PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMK

Ade Hadiana, Latifah Latifah

Abstract


Pembelajaran menulis masih dirasakan sulit oleh siswa, ini terbukti dari hasil observasi awal yang dilakukan di kelas XII SMK  bahwa nilai pembelajaran menulis masih rendah, hal ini disebabkan karena siswa merasa kesulitan untuk mengungkapkan ide, gagasan, atau hasil pemikiran ke dalam suatu tulisan. Salah satu kesulitan siswa  dalam pembelajaran menulis adalah menulis teks berita. Agar kesulitan tersebut dapat diatasi salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran mengonversi teks berita.  Hasil penelitian di lapangan masih terdapat peserta didik yang kesulitan dalam mengonversi teks berita secara tepat dan benar. Dari latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah  dalam penelitian ini yaitu bagaimana aktivitas pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran teks berita melalui metode contextual teaching and learning di kelas XII SMK? bagaimana respon peserta didik sesudah menggunakan metode contextual teaching and learning didalam pembelajaran menulis teks berita di kelas XII SMK?  Apakah terdapat perbedaan selama sebelum dan sesudah menggunakan metode contextual teaching and learning dalam pembelajaran menulis teks berita di kelas XII SMK?  Berdasarkan rumusan masalah tersebut  maka hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode contextual teaching and learning hal ini dapat terlihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata pretes dan postes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pretest-posttest control group design, dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode CTL, sehingga dapat mendukung hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan metode CTL efektif digunakan di kelas XII SMK ini terlihat dari adanya perbedaan perolehan nilai rata-rata pretes yaitu 75,59 dan nilai postes meningkat menjadi 90,50. Dari perolehan nilai tersebut membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita setelah menggunakan pendekatan CTL.



DOI: http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i1p45-54.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PAROLE (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is published by IKIP Siliwangi Bandung, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: parole@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: PAROLE 

 

PAROLE by http://journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/parole is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-624X

e-ISSN: 2614-6231

 

 

View My Stats