PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA SMA
Keywords:
writing, mind mapping, exposition textAbstract
References
Ahmadi, Y. (2018, February). Pembelajaran Wacana Sebagai Landasan dalam Berliterasi Sastra untuk Meningkatkan Karakter Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 1, No. 1).
Heriawan, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Banten: LP3G (lembaga Pembinaan dan pengembangan Profesi Guru).
Kosasih. (2014). Stategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semantik, 2(2), 47-54.
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. ABDIMAS SILIWANGI, 1(1), 17-25.
San Fauziya, D. (2018). Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Duti-Duta dalam Meningkatkan Kemampuan menulis Argumentasi. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2).
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 713-720.
Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).