PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA

Authors

  • Abdurohman Abdurohman Rohman IKIP Siliwangi Bandung

Abstract

Pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis cerita fantasi yang kurang. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil evaluasi menulis teks cerita fantasi yang tidak sesuai dengan indikator keberhasilan menulis teks cerita fantasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah terdapat perbedaan terhadap kemampuan menulis teks fantasi antara siswa yang menggunakan model picture and picture  dengan siswa yang menggunakan model Problem Based Learning. (2) Bagaimana gambaran kinerja siswa pada: a. Implementasi pembelajaran kelas eksperimen dengan  model picture and picture  pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII. b. Implementasi pembelajaran kelas kontrol dengan model Problem based learning pada pembelajaran menulis teks fantasi pada siswa kelas VII. c. Saat menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas untuk mengukur kemampuan menulis teks cerita fantasi pada kelas VII. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi antara siswa yang menggunakan model picture and picture dengan siswa yang menggunakan model problem based learning. (2) Untuk mengetahui gambaran kinerja siswa pada: a. Implementasi pembelajaran kelas eksperimen dengan model picture and picture pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi kelas VII. b. Implementasi pembelajaran kelas kontrol dengan model problem based learning pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII. c. Saat menyelesaikan sosal-soal atau tugas-tugas untuk mengukur kemampuan menulis teks cerita fantasi kelas VII. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Model Picture and Picture yang berpusat pada kereatifan siswa dan metode penelitian berupa Quasi Eksperimen. Pada analisis data statistik didapatkan nilai rata-rata pretest 51 dan postest 80 data tersebut mewakili pembuktian adanya peningkatan yang signifikan sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan model picture and picture. Hasil implementasi pembelajaran siswa yang pembelajarannya dengan model picture and picture secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fantasi dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif.

References

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Rajawali Persada.

Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2016). Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs. Pusat Kuriklum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Nuryanti, R., & Fauziya, D. S. (2020). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE. 3(4), 447–454.

Paramita, N. M. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957

ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Nuryanti, R., & Fauziya, D. S. (2020). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKRusman. (2013). Model – model Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2013). Model – model Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Suharsimi, A. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (6th ed.). PT Alfabeta.

Additional Files

Published

2020-11-30