Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Open Menu
Home
Current
Archives
Announcements
About
About the Journal
Submissions
Editorial Team
Privacy Statement
Contact
Search
Register
Login
Home
/
Archives
/
Vol. 7 No. 1 (2024)
Vol. 7 No. 1 (2024)
Published:
2024-03-11
Articles
Literasi teknologi calon guru sekolah dasar
Nailah Tresnawati,
UGJ Cirebon, Indonesia
Niniss Margareth,
Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
Mei Nur Indah,
Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
Sari Puput Melinda,
Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
1-8
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.21611
PDF
Downloaded: 171
Keterampilan menulis teks prosedur melalui pemanfaatan media lingkungan sekolah pada peserta didik kelas IV
Wida Agustina,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
9-16
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18497
PDF
Downloaded: 287
Analisis kompetensi professional guru di SDN Inpres Pandayora
Azizah Thalib,
Universitas Tadulako, Indonesia
Sri Wahyuni,
Indonesia
Sarintan N Kaharu,
Indonesia
Delisna Takuno,
Indonesia
17-26
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.22306
PDF
Downloaded: 194
Peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Kentungan dengan model PBL
Achmad Fauzi,
Indonesia
27-35
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18538
PDF
Downloaded: 220
Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap motivasi belajar IPA
Azizah Thalib,
Universitas Tadulako, Indonesia
Ega Trisnawati,
Universitas Tadulako, Indonesia
Rosnadi,
Universitas Tadulako, Indonesia
36-41
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.21968
PDF
Downloaded: 204
Analisis kebutuhan media untuk memfasilitasi literasi baca tulis peserta didik kelas IV SD
Sri Fitrianti,
Universitas Pendidikan Indonesia,
https://orcid.org/0009-0002-5651-6500
42-50
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18471
PDF
Downloaded: 187
Penerapan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) berbantuan e-module untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar
Gilang Mas Ramadhan,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi,
51-58
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.22125
PDF
Downloaded: 329
Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V sekolah dasar
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Hudzaifan Zulfikar Fakhri,
PGSD UPI Tasikmalaya, Indonesia
59-66
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.21546
PDF
Downloaded: 221
Analisis pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di sekolah dasar
Nurlaelasari,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
67-75
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18567
PDF
Downloaded: 273
Penggunaan model pembelajaran kooperatif think-talk-write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks prosedur
Revita Salsabila,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Dian Indihadi,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Erwin Rahayu Saputra,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
76-84
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19115
PDF
Downloaded: 546
Studi literatur: desain pembelajaran berbasis flipped classroom
Suci Islami,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
85-92
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18623
PDF
Downloaded: 142
Analisis literasi emosi guru sekolah dasar (penelitian survei terhadap guru-guru di gugus wilayah V Kecamatan Panumbangan, Jawa Barat)
Sri Dewi Rahayu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Seni Apriliya,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dwi Alia,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
93-100
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18792
PDF
Downloaded: 308
Analisis program GLS (gerakan literasi sekolah) pada tahap pembiasaan di sekolah dasar
Salma Fitriati,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Seni Apriliya,
Univesitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Nana Ganda,
Univesitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
101-107
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18577
PDF
Downloaded: 299
Analisis tingkat pendidikan guru terhadap penceahan kekerasan seksual pada anak
Fanny Fadila Noer Rahmawati,
108-112
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19101
PDF
Downloaded: 243
Peningkatan hasil belajar luas bangun datar siswa kelas IV SDN Babarsari menggunakan problem based learning
Fauziah Surya Inayatun,
Universitas Sanata Dharma,
113-119
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18494
PDF
Downloaded: 225
Pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi
Sinta Satria Dewi Pendit,
Universitas Tadulako, Indonesia
Zulnuraini,
Universitas Tadulako, Indonesia
Azizah,
Universitas Tadulako, Indonesia
Ni Putu Devi Handayani,
Universitas Tadulako, Indonesia
120-131
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.21915
PDF
Downloaded: 683
Pengembangan e-modul IPAS berbasis pendekatan saintifik materi perubahan energi di sekolah dasar
Tiara Melinda,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
Asep Nuryadin,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
Akhmad Nugraha,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
132-140
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18794
PDF
Downloaded: 278
Efektivitas aplikasi kamus digital pada smartphone untuk meningkatkan pronunciasi past tense siswa kelas VI SDIT Mutiara Palabuhanratu
Anisa Alawiyyah,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi, Indonesia
Siti Apsoh,
STKIP Bina Mutiara Sukabumi, Indonesia
141-147
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.22126
PDF
Downloaded: 226
Program ekstrakurikuler pramuka dalam upaya pengembangan karakter mandiri peserta didik di sekolah dasar
Nurasiah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Solehuddin,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Mamat Supriatna,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
148-155
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.22124
PDF
Downloaded: 281
Pengembangan media powerpoint interaktif (pointter) pada konsep dasar pembagian di kelas II sekolah dasar
Putri Nurul Kamila,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Karlimah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ika Fitri Apriani,
Indonesia
156-163
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.21594
PDF
Downloaded: 234
Pengaruh PBI bermuatan literasi emosi terhadap literasi emosi peserta didik kelas IV SD
Dinda Dwi Laila Ismi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
164-169
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.22119
PDF
Downloaded: 247
Analisis asesmen diagnostik kognitif materi geometri di kelas IV sekolah dasar
Nisrina Noor Firdaus,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
170-177
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18590
PDF
Downloaded: 465
Analisis miskonsepsi materi konsep cahaya dan sifatnya pada siswa kelas IV SDN 1 Nagarawangi
Lutfi Sri Wulandari,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
178-184
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19107
PDF
Downloaded: 832
Analisis kebutuhan pengembangan instrumen penilaian diri pada PBI bermuatan literasi emosi di SD
Agnia Fadla Anzala,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
185-193
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18566
PDF
Downloaded: 264
Analisis dampak media sosial tiktok terhadap karakter sopan santun peserta didik sekolah dasar SDN 1 Rancapaku Kabupaten Tasikmalaya
Rendi Rizki Sutisna,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya,
Syarip Hidayat,
Universitas Pendidikan Indonesia,
Anggit Merliana,
Universitas Pendidikan Indonesia,
194-199
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19131
PDF
Downloaded: 508
Acredition
Accreditation Decree
No. 10/C/C3/DT.05.00/2025
Article Template 2025
ARTICLE TEMPLATE 2025
DOWNLOAD!