Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Open Menu
Home
Current
Archives
Announcements
About
About the Journal
Submissions
Editorial Team
Privacy Statement
Contact
Search
Register
Login
Home
/
Archives
/
Vol. 7 No. 4 (2024)
Vol. 7 No. 4 (2024)
Published:
2024-07-31
Articles
Analisis miskonsepsi siswa kelas V pada materi sifat dan perubahan wujud benda di SDN 1 Nagarawangi
Linda Safitri Indriyani Safitri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ghullam Hamdu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu Saputra,
Indonesia
603-608
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19480
PDF
Downloaded: 749
Hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Ciparay Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya
Rima Aprilianda,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Cece Rakhmat,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Fajar Nugraha,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
609-612
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22639
PDF
Downloaded: 149
Upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode outdoor learning
Indi Lestari Hida,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Dudung Suryana,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Riga Zahara Nurani,
Universitas Perjuangan, Indonesia
613-617
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22633
PDF
Downloaded: 159
Pengembangan media video animasi bermuatan karakter tanggung jawab pada materi nilai-nilai pancasila di sekolah dasar
Laela Nur Fauziah,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Syarip Hidayat,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Asep Nuryadin,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
618-628
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19528
PDF
Downloaded: 236
Penerapan model PBL berbantuan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar PPKn kelas II SDN Sambirejo 02
Erika Soniya,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Widya Kusumaningsih,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Mardani Esti Pambayun,
Universitas PGRI Semarang, Indonesia
629-634
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22625
PDF
Downloaded: 236
Peningkatan kerjasama dan hasil belajar menggunakan model problem based learning pada siswa kelas III SD
Ajeng Wuri Puspita Lusia,
Universitas Sanata Dharma, Indonesia
Rusmawan,
Universitas Sanata Dharma, Indonesia
Dianing Kurniastuti,
SDN Gedongtengen, Indonesia
635-642
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19571
PDF
Downloaded: 169
Pendidikan karakter; pembentukan cinta tanah air dan kreativitas peserta didik melalui program parktik membatik jumputan di sekolah dasar
Farah Oktaviana,
Upi Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Syarip Hidayat,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ahmad Mulyadiprana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
643-652
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19499
PDF
Downloaded: 247
Penggunaan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD
Della Rosaline,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Yusuf Suryana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Muhammad Rijal Wahid Muharram,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
653-658
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19463
PDF
Downloaded: 238
Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di sekolah dasar
Elan,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Yusuf Suryana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Mita Safitri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
659-668
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19239
PDF
Downloaded: 278
Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran geoboard pada mata pelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar
Susi Setiawati,
Ikip Siliwangi, Indonesia
Hajah Raafi Iman,
Indonesia
Dewi Santi,
Indonesia
Rahma Rahadiana,
Indonesia
Ryan Dwi Puspita,
Indonesia
669-674
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.23001
PDF
Downloaded: 233
Analisis kebutuhan modul ajar berbasis pjbl terhadap ecoliteracy siswa kelas IV materi SDA
Eva Andriyani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Seni Apriliya,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Pidi Mohamad Setiadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
675-681
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19727
PDF
Downloaded: 175
Analisis implementasi program adiwiyata dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa di sekolah dasar
Putri Esa Lestari,
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Ahmad Mulyadiprana,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Pidi Mohamad Setiadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
682-691
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19663
PDF
Downloaded: 231
Penerapan model survey, question, read, recite, and review (SQ3R) berbantuan media komik untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar
Irma Komala Dewi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erna Suwangsih,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nadia Tiara Antik Sari,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
692-697
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19651
PDF
Downloaded: 165
Pengaruh model kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika
Sani Lestari,
Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia
Riza Fatimah Zahrah,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Winarti Dwi Febriani,
Universitas Perjuangan, Indonesia
698-704
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22629
PDF
Downloaded: 172
Penggunaan model make a match berbantuan media pembelajaran flashcard untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di sekolah dasar
Erta Alvani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Agus Muharam,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Hisny Fajrussalam,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
705-717
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19576
PDF
Downloaded: 444
E-modul permainan tradisional gobak sodor bermuatan karakter di sekolah dasar
Tantri Dwi Lestari,
UPI Kampus Tasikmalaya, Indonesia
Syarip Hidayat,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nana Ganda,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
718-728
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19498
PDF
Downloaded: 181
Analisis pelaksanaan asesmen portofolio di kelas V sekolah dasar
Nisa Apriliani Apriliani,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ghullam Hamdu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Agnestasia Ramadhani Putri,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
729-734
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19478
PDF
Downloaded: 216
Pengembangan modul berbantuan augmented reality (AR) berbasis inquiry based learning di kelas IV sekolah dasar
Modul Pembelajaran di Kelas IV sekolah dasar
Rianti Fransiska,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Muhammad Rijal Wahid Muharram,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Rosarina Giyartini,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
735-748
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19445
PDF
Downloaded: 280
Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV sekolah dasar
Meina Nurfarida Sopandi,
IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
Hana Sakura Putu Arga,
IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
Faridillah Fahmi Nurfurqon,
IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
749-758
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.24779
PDF
Downloaded: 460
Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk karakter budaya di kelas IV MI Al Hikmah Tembalang
Naila Ulfatusy Syarifah ,
UIN WALISONGO SEMARANG, Indonesia
Arsan Shanie,
Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
759-764
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22645
PDF
Downloaded: 263
Pengaruh metode total physical response (TPR) dalam peningkatan keterampilan penguasaan kosakata siswa pada kegiatan ekstrakurikuler english club
Naelufar Indy Khamroh,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Rosarina Giyartini,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
765-771
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19691
PDF
Downloaded: 175
Penggunaan metode pembelajaran bermain peran berbantuan wayang kreasi untuk meningkatkan hasil belajar dongeng siswa kelas 3 SDN Talagasari
Syifa Nur Hamidah,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Riga Zahara Nurani,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Winarti Dwi Febriani,
Universitas Perjuangan, Indonesia
772-777
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22637
PDF
Downloaded: 164
Analisis disiplin belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan
Delistina,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Elan ,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nana Ganda,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
778-788
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19656
PDF
Downloaded: 253
Analisis literasi matematis kelas V dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan
Mara Nurmalia,
Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia
Geri Syahril Sidik,
Universitas Perjuangan, Indonesia
Winarti Dwi Febriani,
Universitas Perjuangan, Indonesia
789-796
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22630
PDF
Downloaded: 196
Meningkatkan keterampilan menulis dongeng peserta didik kelas III melalui metode mind mapping
Ardini Pratiwi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dian Indihadi,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Erwin Rahayu Saputra,
Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
797-804
DOI :
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19616
PDF
Downloaded: 152
Acredition
Accreditation Decree
No. 10/C/C3/DT.05.00/2025
Article Template 2025
ARTICLE TEMPLATE 2025
DOWNLOAD!