EVALUASI PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT DENGAN MODEL CIPPO (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT, OUTCOME) DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) ANDI JAYA KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Prafita Syifa Herdiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ika Rizqi Meilya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ahmad Syahid Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i3.27187

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pelatihan menjahit di Lembaga
Kursus dan Pelatihan (LKP) Andi Jaya Kabupaten Subang dengan menggunakan model evaluasi
CIPPO yang mencakup lima komponen: Context, Input, Process, Product, dan Outcome. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari
pengelola, tutor/instruktur, serta warga belajar di LKP Andi Jaya. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek
context, program pelatihan menjahit telah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masyarakat setempat.
Pada aspek input, tersedia sumber daya manusia dan sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan
program meskipun masih terdapat kekurangan. Pada aspek process, proses pembelajaran berjalan sesuai
dengan rencana, namun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan hambatan teknis.
Pada aspek product, program telah mampu meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap warga
belajar. Sedangkan pada aspek outcome, sebagian besar warga belajar mampu mengimplementasikan
keterampilan yang diperoleh dalam bentuk pekerjaan maupun wirausaha. Dari hasil evaluasi
menyeluruh, program pelatihan menjahit di LKP Andi Jaya dinilai cukup efektif, namun masih perlu
peningkatan terutama dalam perencanaan materi dan pengelolaan sarana. Penelitian ini diharapkan
dapat menjadi masukan bagi pengembangan program pelatihan keterampilan di lembaga kursus dan
pelatihan nonformal.

Downloads

Published

25-09-2025