IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MEMBACA FUNGSIONAL WARGA BELAJAR PAKET B DI PKBM NURUL ISLAM KARAWANG

Authors

  • Ucuk Siti Sukmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Suminar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i3.27475

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Literasi Membaca Fungsional, PKBM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis proyek ( Project Based Learning ) dalam mengembangkan literasi membaca fungsional warga belajar program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Nurul Islam Karawang. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran. (4) Pengembangan literasi membaca fungsional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari satu orang pengelola, satu tutor, dan dua orang warga belajar Paket B di PKBM Nurul Islam Karawang yang ditentukan secara purposive. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan tahapan penelitian yang mencakup orientasi, eksplorasi, dan member check.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran disusun berdasarkan kebutuhan warga belajar dengan merancang proyek yang sesuai konteks kehidupan mereka. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan tahapan-tahapan proyek mulai dari perencanaan hingga presentasi hasil, yang mendorong keterlibatan aktif warga belajar. (3) Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan oleh tutor melalui evaluasi formatif dan sumatif yang mencakup aspek pemahaman teks, keterampilan mencari informasi, serta penerapan hasil baca dalam kehidupan sehari-hari. (4) Pengembangan literasi membaca fungsional warga belajar diwujudkan dari peningkatan kemampuan memahami isi bacaan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan isi bacaan dengan kehidupan sehari-hari, yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Author Biographies

Hoerniasih, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen S1 Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dr. Hj. Nia Hoerniasih, M.Pd.

Suminar, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen S1 Pendidikan Masyarakat, FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
Dr. Hj. Uum Suminar, M.Pd.

Downloads

Published

25-09-2025