PEMBUATAN DIGITAL STORYTELLING MELALUI GOOGLE EARTH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS

Authors

  • Irma Savitri Sadikin Universitas Esa Unggul
  • Meiyanti Nurchaerani
  • Oktian Fajar Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i1.10143

Keywords:

Digital Storytelling, Google Earth, Google Geo Tools, Pelatihan

Abstract

Pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 memberikan dampak besar pada sektor Pendidikan, dimana para guru harus melakukan pengajaran secara daring dan proses pembelajaran tersebut sudah berlangsung selama hampir dua tahun. Guru banyak mengeluhkan proses pembelajaran yang dilakukan secara online menjadi tidak mudah karena siswa sudah mulai lelah, jenuh dan kurang memiliki motivasi belajar yang baik. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru SMPIT Laa Tahzan Citra Tangerang untuk dapat memanfaatkan pembuatan digital storytelling melalui Google Earth dalam proses pembelajaran khususnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswanya. Sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Metode pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: 1) tahap analisis, 2) tahap perancangan, 3) tahap pengembangan   materi, 4) tahap pelatihan, dan 5) tahap evaluasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan guru-guru peserta pelatihan dalam menggunakan teknologi dan mengintegrasikan Google Geo Tools dengan beberapa aplikasi/web dalam pengajaran.

References

Barret, H (2006). Convergence of Student-Centered Learning Strategies. Tecnology and Teacher Education Annual, 1, 647-654.

ÇIRALI SARICA, Hatice & Usluel, Yasemin. (2016). The Effect of Digital Storytelling on Visual Memory and Writing Skills. Computers & Education. 94. 298-309. 10.1016/j.compedu.2015.11.016.

Eady, M. J. & Lockyer, L. (2013), 'Tools for learning: technology and teaching strategies', Learning to Teach in the Primary School, Queensland University of Technology, Australia. pp. 71

Hartley, John & Mcwilliam, Kelly. (2009). Story Circle: Digital Storytelling around the World. 10.1002/9781444310580.ch1.

Hayati, Nur. (2020). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning Yang Efektif. https://www.researchgate.net/publication/. Diakses pada tanggal 3 Desember 2020.

Hett, K. (2012). Technology- supported literacy in the classroom: Using Audio books and Digital Storytelling to enhance literacy. Illinois Reading Council Journal, 40(3), 3-5.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V7i1.32771

Nilayani , S. A. P. (2020). Survei Kepuasan Siswa Terhadap Proses Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 453-462. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/542

Normann. (2011). Digital Storytelling in Second Language Learning, in Faculty of Social Sciences and Technology Management (Norwegian University of Science and Technology, 2011), A Normann, Digital Storytelling in Second Language Learning, in Faculty of Social Sciences and Technology Management (Norwegian University of Science and Technology, p. 125

Raimes, Ann. (1983). Techniques in Teaching Writing. China: Oxford University Press.

Smeda, Najat & Dakich, Eva & Sharda, Nalin. (2012). Transforming Pedagogies Through Digital Storytelling: Framework and Methodology. 10.5176/2251-1814_EeL12.98. https://www.google.com/earth/outreach/learn/create-a-map-or-story-in-google-earth-web/#prerequisites-

Downloads

Published

2022-02-26

Issue

Section

Articles