PENYULUHAN MODEL PEMBELAJARAN ABAD-21 (COOPERATIVE LEARNING) SEBAGAI UPAYA MENGATASI STRESS AKADEMIK ANAK USIA DINI PASCA PANDEMI COVID-19 PADA PENDIDIK PAUD

Ghina Wulansuci(1*), Agus Sumitra(2), Agus Sumitra(3), Fifiet Dwi Tresna Santana(4), Fifiet Dwi Tresna Santana(5)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Stress akademik anak usia dini menjadi pokok permasalahan yang terjadi pada anak usia dini di Lembaga PAUD Kabupaten Garut. Analisis lapangan menyatakan penyebab stress akademik muncul dikarenakan tuntutan orang tua dan guru untuk anak pintar dalam hal akademik terutama calistung. COVID-19 membuat pengalihan fungsi lembaga pendidikan dari sekolah ke rumah dan orang tua,dimana tidak semua orang tua memahami cara pengasuhan dan pendidikan AUD akibatnya anak terlalu ditekan dan orang tua memaksakan sesuai kehendaknya maka anak jadi stress. Tujuan dilaksanakan penyuluhan model pembelajaran abad 21 (cooperative Learning) untuk peningkatan pelayanan guru terhadap stress akademik anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu mengadakan penyuluhan  kepada guru bagaimana cara mengimplementasikan model cooperative learning sebagai upaya mengatasi stress akademik. Hasil menyatakan 92 % atau skitar 92 orang guru memahami bahwa model pembelajaran cooperative learning dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dan mencegah stress akademik terjadi pada anak usia dini. 8% atau sekitar 8 orang guru belum memahami mengenai  model pembelajaran cooperative learning dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dan mencegah stress akademik terjadi pada anak usia dini. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penyuluhan  berhasil dilaksanakan dengan hasil guru memahami model pebelajaran abad 21 (cooperative learning) mampu dijadikan alternatif untuk mengatasi stress akademik anak usia dini.


Keywords


Stress Akademik, Anak Usia Dini, Cooperative Learning

References


Agustina, R. (2014). Bimbingan Belajar Untuk Mereduksi Stress Akademik Siswa. Bandung:

Universitas Pendidikan Indonesia

Anggana, Np. (2015). Hubungan Antara Dukungan Social Dan Adversity Quotient Dengan

Tingkat Stress Akademik Peserta Didik. Bandung: Universitas Pendidikan

Indonesia

Bariyyah, K.(2013). Faktor Penyebab Stress Akademik. Artikel/ [online]

tersediadi.www.konselingkita.com

Brietzke, E., Sant’anna, M. K., Jackowski, A., Grassi-Oliveira, R., Bucker, J., Zugman, A., Mansur, R. B., & Bressan, R. A. (2012). Impact of childhood stress on psychopathology. Revista Brasileira de Psiquiatria, 34(4), 480–488. https://doi.org/10.1016/j.rbp.2012.04.009

Chraif, M. (2015). Correlative Study between Academic Satisfaction, Workload and Level of Academic Stress at 3rd Grade Students at Psychology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 203(1994), 419–424. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.317

Dawson, W. Hedges. Woon, FL. (2010). Early-life stress and cognitive outcome.

Psychopharmacology. Vol.214pp 121–130, DOI 10.1007/s00213-010-

-6, 13 Oktober 2016

Mulyasari, D. (2020). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Pendampingan Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk, 2(2), 288–306. https://core.ac.uk/download/pdf/326653926.pdf

Octaviani, S. R., & Windiarti, R. (2021). Implementation of Cooperative Learning Models of Numbered Heads Together Method for Improving Skills in Forming for Early Age Children in PAUD Rosellana. BELIA: Early Childhood Education Papers, 10(1), 72–77.

Panuntun, I. A., Hayati, R., & Kustriyono, E. (2021). PELATIHAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN MEDIA E-COOLE (E-COOPERATIVE LEARNING) PADA GURU MGMP BAHASA INGGRIS SMP KABUPATEN PEKALONGAN. In Jurnal ABDIMAS (Vol. 2, Issue 2).

Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., & Cahaya, I. M. E. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 281. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496

Sumyadewi, N. L., Nyoman Wirya, I., Jampel, N., Guru, J. P., Anak, P., Dini, U., & Pendidikan, J. T. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK TK WIDHYA BRATA MENGWI (Vol. 2).

Whitaker, R. C., Dearth-Wesley, T., & Gooze, R. A. (2015). Workplace stress and the quality of teacher-children relationships in Head Start. Early Childhood Research Quarterly, 30(PA), 57–69. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.08.008

Wulansuci, Ghina. (2021). Stres Akademik Anak Usia Dini: Pembelajaran CALISTUNG vs. Tuntutan Kinerja Guru. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 79–86. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-03

Wulansuci, Ghinta, & Kurniati, E. 2019. (2019). Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 38–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i3.10250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats