PENYULUHAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PAUD HOLISTIK INTEGRATIF MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK GURU PAUD

Authors

  • Lenny Nuraeni Program Studi PG PAUD, IKIP Siliwangi
  • Dedah Jumiatin Program Studi PG PAUD, IKIP Siliwangi
  • Sharina Munggaraning Westhisi Program Studi PG PAUD, IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.10339

Keywords:

ECE teachers, holistic-integrative ECE, innovative learning models

Abstract

Masa pandemik mendorong guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk terus berinovasi melahirkan beragam model pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan anak saat Belajar Dari Rumah (BDR). Sayangnya, pemahaman dan kesiapan guru PAUD untuk mengimplementasikan kecanggihan teknologi yang ada masih belum optimal, sehingga perlu adanya penyuluhan model pembelajaran inovatif melalui beberapa aplikasi yang ada, salah satunya aplikasi Canva yang mudah diakses. Tujuan diadakan kegiatan penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan pembelakan kepada guru PAUD yang berada di Desa Paas Kecamatan Pameungpeuk, Garut Selatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan workshop. Antusiasme dari para peserta kegiatan sungguh tinggi. Hal ini terlihat saat sesi diskusi, para peserta aktif bertanya terkait dengan materi yang disampaikan. Setelah dilakukan penyuluhan, pemapaham peserta terkait dengan model pembelajaran inovatif PAUD Holistik Integratif (HI) melalui aplikasi Canva mengalami peningkatan. Hal ini tergambar saat para peserta telah mampu menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan.

References

Arthur, Rene. (2009). Desain Grafis: dari mata turun ke hati. Bandung: Penerbit Kelir.

BKKBN. (2019). Panduan pelaksanaan kegiatan Bina Kelarga Balita (BKB) yang terintegrasi dalam rangka penyelenggaraan pengembangan anak usia dini holistik integratif. Jakarta: BKKBN.

Callahan, Joseph F., Leonard H. Clark. (2010) Foundation of Education. New Yor k: Macmillan Publishing Company Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Muhibbin Syah dan Rahayu Kariadinata. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Bandung : Bahan Pelatihan, UIN Sunan Gunung Djati

Pramudyani, A. V. R. 2018. Kurikulum holistik integratif berbasis permainan tradisional pada PAUD di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86.

Saepudin, A., Ardiwinata, J. S., & Farida, E. (2016). Penyelenggaraan program PAUD holistic integratif melalui kemitraan dalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 142.

Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutiah. (2019). Analisis human resource development, community development, dan networking, dalam mempengaruhi competitive advantige perguruan tinggi keagamaan islam di indonesia. Journal of Research on Community Engagement, 1(1), 20.

Downloads

Published

2022-06-25

Issue

Section

Articles