PENINGKATAN KOMPETENSI TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN BERBASIS PERTANIAN DI DESA CIREJAG KECAMATAN JATISARI KABUPATEN KARAWANG

Yusuf Muhyiddin(1), Safuri Musa(2), Ansori Ansori(3*)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah yang ada pada tutor di PKBM Sanggar Juang Desa Cirejag antara lain: 1) keterbatasan pengetahuan dalam memberikan pembelajaran keterampilan bidang pertanian; dan 2) kurangnya pengetahuan dalam metode pembelajaran bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran penting di era globalisasi sekarang. Sedangkan masalah bagi petani dan warga Desa Cirejag, antara lain kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang teknologi pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan usahatani dan pendapatan mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui pelatihan tutor yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan dengan memberikan pelatihan beberapa jenis keterampilan di bidang pertanian dan pelatihan metode pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan pelatihan tutor dilakukan dengan pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) atau learning by doing. Hasil kegiatan ini yaitu meningkatnya kompetensi tutor dalam metode pembelajaran bahasa Inggris dan beberapa jenis keterampilan di bidang pertanian serta keterampilan lainnya. Berdasarkan hasil kegiatan tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan tutor di Desa Cirejag telah meningkatkan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan berbasis pertanian dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga masyarakat.

Keywords


pelatihan tutor, pendidikan kesetaraan, basis pertanian, participatory learning and action

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. (2008). Intervensi komunitas pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daniel, S. J. (2020). Education and the Covid-19 pandemic. Prospects.

Darmawan, Dadan., dkk. (2020). Participatory learning andaction untuk menumbuhkan quality of life pada kelompok keluarga harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 4 (2).

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang. (2021). Perkembangan data PKBM dan program pendidikan kesetaraan. Karawang

Djamaluddin, Ahdar & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. CV. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Fuadi, Moh. Rif’an & Irliana F. Himmah. (2021). Implementasi pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di PKBM Al Muttaqin Kabupaten Jember. Learning community Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5 (1).

Kusumawardani, Emi & Sariana Pangaribuan. (2015). Pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan participatory learning and action (PLA) sebagai upaya penurunan kasus malaria. Surabaya: Universitas Airlangga.

Sardiyanah. (2019). Pendekatan dan metode audio lingual (analisis metode Sam’iyah Safawiyah). Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab. Volume 1, No. 1.

Suhaenah, Een. (2016). Implikasi pendidikan kesetaraan paket c terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di SKB Kota Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol.1 No.1.

Yustialti, Anggriani et al. (2018). Evaluasi pendidikan kesetaraan paket c terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS Vol 3 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i2.10448

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats