PENINGKATAN KOMPETENSI TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN BERBASIS PERTANIAN DI DESA CIREJAG KECAMATAN JATISARI KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i2.10448Keywords:
pelatihan tutor, pendidikan kesetaraan, basis pertanian, participatory learning and actionAbstract
Masalah yang ada pada tutor di PKBM Sanggar Juang Desa Cirejag antara lain: 1) keterbatasan pengetahuan dalam memberikan pembelajaran keterampilan bidang pertanian; dan 2) kurangnya pengetahuan dalam metode pembelajaran bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran penting di era globalisasi sekarang. Sedangkan masalah bagi petani dan warga Desa Cirejag, antara lain kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang teknologi pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan usahatani dan pendapatan mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui pelatihan tutor yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan dengan memberikan pelatihan beberapa jenis keterampilan di bidang pertanian dan pelatihan metode pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan pelatihan tutor dilakukan dengan pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) atau learning by doing. Hasil kegiatan ini yaitu meningkatnya kompetensi tutor dalam metode pembelajaran bahasa Inggris dan beberapa jenis keterampilan di bidang pertanian serta keterampilan lainnya. Berdasarkan hasil kegiatan tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan tutor di Desa Cirejag telah meningkatkan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan berbasis pertanian dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga masyarakat.References
Adi, Isbandi Rukminto. (2008). Intervensi komunitas pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daniel, S. J. (2020). Education and the Covid-19 pandemic. Prospects.
Darmawan, Dadan., dkk. (2020). Participatory learning andaction untuk menumbuhkan quality of life pada kelompok keluarga harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 4 (2).
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang. (2021). Perkembangan data PKBM dan program pendidikan kesetaraan. Karawang
Djamaluddin, Ahdar & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. CV. Parepare: Kaaffah Learning Center.
Fuadi, Moh. Rif’an & Irliana F. Himmah. (2021). Implementasi pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di PKBM Al Muttaqin Kabupaten Jember. Learning community Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5 (1).
Kusumawardani, Emi & Sariana Pangaribuan. (2015). Pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan participatory learning and action (PLA) sebagai upaya penurunan kasus malaria. Surabaya: Universitas Airlangga.
Sardiyanah. (2019). Pendekatan dan metode audio lingual (analisis metode Sam’iyah Safawiyah). Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab. Volume 1, No. 1.
Suhaenah, Een. (2016). Implikasi pendidikan kesetaraan paket c terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di SKB Kota Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol.1 No.1.
Yustialti, Anggriani et al. (2018). Evaluasi pendidikan kesetaraan paket c terhadap peningkatan taraf hidup warga belajar di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS Vol 3 No 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).