Pelatihan pengembangan keterampilan menulis artikel penelitian dan publikasi kepada guru-guru di wilayah Kabupaten Pangandaran

Authors

  • Nelly Fitriani IKIP Silwiangi
  • Anik Yuliani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i3.10465

Keywords:

keterampilan menulis artikel, keterampilan publikasi

Abstract

Upaya mengambangkan keterampilan menulis artikel bagi guru sekolah dasar hingga sekolah menengah sangat mendesak untuk dilakukan. Umumnya guru di Indonesia belum optimal dalam melaksanakan penelitian, membuat laporan penelitian, menghasilkan artikel berbasis penelitian, hingga mempublikasikannya pada jurnal ilmiah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan guru dalam menulis artikel hingga pada publikasi. Program Pengabdian ini secara optimal dilakukan melalui proses pendampingan bagi guru di Pangandaran dari yang belum memiliki dasar penyusunan artikel ilmiah sampai peserta dibekali dengan beberapa materi untuk memperlancar proses penyusunan artikel ilmiah. Dilakukan pendekatan secara personal dalam pelatihan yang dilakukan sehingga diharapkan agar seluruh peserta dapat menyusun artikel ilmiah dari laporan hasil penelitian tanpa terkendala apapun dengan mengetahui ketentuan-ketentuan penyusunan artikel ilmiah. Pelatihan yang dilakukan dinilai efektif karena peserta bisa merespon dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam angket yang disebarkan setelah kegiatan berakhir dengan hasil mengalami kenaikan. Manfaat pengabdian ini membantu guru-guru di Kabupaten Pangandaran dalam menyusun artikel ilmiah yang berkualitas agar dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional.

Author Biographies

Nelly Fitriani, IKIP Silwiangi

Pendidikan Matematika

Anik Yuliani, IKIP Siliwangi

Pendidikan Matematika

References

Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. P. (2018). Ibm Guru Sekolah Dasar Melalui. Abdimas, 22, 138.

Ariffianto, M., & Liana, C. (2015). PROFESIONALISME GURU SMA DI LAMONGAN AVATARA , e-Journal Pendidikan Sejarah. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 3(3), 391–397.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Dewi, N. A. W. T., & Wesnawa, I. G. A., Christiawan, P. I. (2021). Profesionalisme Guru Pada Kinerja Publikasi Ilmiah Bagi Guru Ips. Proceeding Senadimas Undiksha, 145, 145–151.

Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2020). Pemanfaatan Media Tubomatika (Sebuah Eco Education) sebagai Upaya Menanggulangi Sampah Plastik di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 03(01), 49–59.

Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati, E. (2013). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains guru sekolah dasar melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111–116.

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137

MS, Z., Siregar, Y., & Rachmatullah, R. (2017). 5359-Article Text-9328-1-10-20171228. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2).

Putra, Y. Y., & Saputra, A. (2019). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.16

Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57

Downloads

Published

2022-10-31