PELATIHAN PENGISISAN RUBRIK DAN BORANG AKREDITASI ONLINE BAGI PAUD KASIH BUNDA DESA GAPURA SUCI KECAMATAN PELEPAT KABUPATEN BUNGO

Authors

  • Uying Hapid Alatas STKIP YPM Bangko
  • M Syukurman STKIP YPM Bangko
  • Fithri Azni STKIP YPM Bangko

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.10516

Keywords:

skills, competencies, microteahing, kindergarten

Abstract

Guru pendidikan anak usia dini merupakan garda terdepan dalam pengembangan karakter dan kemampuan anak diusia keemasannya. Sehingga memerlukan guru pendidikan anak usia dini yang berkompeten terutama dibidang proses belajar mengajar. Pengabdian ini memiliki tujuan yakni menambah pemahaman guru terkait pentingnya Dalam pengisisan rubrik dan borang akreditasi secara online, dan pentingnya setiap sekolah untuk akreditasi . Metode pengabdian ini terdiri dari metode ceramah, diskusi, demontrasi dan metode pratik langsung. Pentingnya hasil dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru PAUD terutama saat pengisian rubrik dan borang akreditasi secara online sudah bisa untuk dilaksanakan secara bertahap, Pentingnya akreditasi untuk meningkatkan kualitas sekolah yang ada di tempat guru PAUD. Peningkatan pemahaman dan kemampuan guru paud sangat signifikan berdasarkan dari hasil pretest dan posttest yang telah disebar mengalami peningkatan di setiap katagori, seperti katagori kegiatan mengalami peningkatan Baik katagori Kegiatan inti sedang dan katagori penutup sedang. Serta dapat dilihat juga dengan pertanyaan dan jawaban yang disampaikan oleh guru.

References

Abril, D. W. (2016). Permendikbud No.22 Tahun 2016. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2).

Felayati Felayati, & Nurhafizah Nurhafizah. (2019). Ugensi Assesment Guru Pauprofesional Berbasis Kompetensi Personality. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2).Kasiyan,

K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1).https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Lestari, P. W., & Millenia, S. J. (2020). Peningkatan pemahaman anak melalui edukasi dampak penggunaan gawai berlebih 1,2. JMM (Jutnal Masyarakat Mandiri), 4(2).

Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan Rpp (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). IJED (Indonesian Journal of Educational Development), 1(1).

Murdri, M. W. (2010). Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran. Falasifa, 1 No.1. Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran anak usiadini menggunakan bahan sisa. Early childhood : jurnal pendidikan, 2(2b). doi.org/10.35568/earlychildhood.v 2i2b.288

Putra, F. F., Sari, J. N., & Suhatman, R. (2012). Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Berbasis Android Augmented Reality. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 1(September).

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.

Rudiarta, I. W. (2020). Implikasi Latihan Yoga Asana Bagi Pembentukan Karakter Siswa Di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung. Jurnal Penelitian Agama Hindu,https://doi.org/10.25078/jpah.v4i1.1314

Sutarmanto, S. (2012). Kompetensi dan profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. JurnalVisi Ilmu Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v1i1.42

Wiguna, I. B. A. A. (2020). Student responses on the application of Hypnoteaching method to increase learning activities. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2). https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.23346

Yuliariatiningsih, M. S., & Setiaty, T. (2018). Kompetensi pedagogik guru PAUD dalam mengembangkan pembelajaran untuk anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1

Downloads

Published

2022-06-25

Issue

Section

Articles