Workshop dan penyuluhan asesmen kognitif dan nonkognitif kurikulum prototipe kepada guru-guru di Kabupaten Subang

Authors

  • R. Ika Mustika IKIP Siliwangi
  • Heri Isnaeni IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i3.10666

Keywords:

asesmen, kurikulum, kognitif-nonkognitif, kurikulum prototipe

Abstract

Kurikulum prototipe atau kurikulum 2022 menjadi tongkat estafet penyempurnaan kurikulum yang digunakan di Indonesia. Kurikulum prototipe memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri dibandingkan kurikulum-kurikulum sebelumnya, di antaranya dalam bentuk asesmen. Kurikulum prototipe mengenal dua bentuk asesmen, yakni asesmen kognitif dan nonkognitif. Kedua jenis asesmen ini menitikberatkan pada pembentukan siswa secara komprehensif, yakni membentuk pribadi siswa yang hebat secara intelektual dan kuat dalam karakter. Penerapan kurikulum prototipe ini diharapakan menjadi penghela pendidikan Indonesia dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Artikel ini merupakan hasil program PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) yang diselenggarakan oleh IKIP Siliwangi dan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Subang. Penyuluhan dilaksanakan pada tanggal 11-12 Februari 2022 dengan peserta para guru dari berbagai tingkatan di Kabupaten Subang. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan dan workshop pembuatan asesmen kognitif dan nonkognitif sesuai dengan kurikulum prototipe. Kegiatan ini dilaksanakan melalui seminar panel dengan cara memaparkan materi, diskusi aktif, dan workshop membuat asesmen dengan menggunakan aplikasi Rayvila Quiz Maker. Hasil kegiatan ini menunjukkan peserta antusias dan dapat mengikuti kegiatan sampai selesai. Hal-hal lain dari kegiatan ini menggambarkan guru-guru di Kabupaten Subang memiliki semangat yang kuat untuk memahami kurikulum prototipe dan berusaha mengaplikasikannya dengan metode pembelajaran abad 21. Dengan demikian, kegiatan PPM yang dilaksanakan di Kabupaten Subang berhasil mengenalkan jenis asesmen kurikulum prototipe dan berupaya menjadikan pendidikan sebagai tolok ukur  kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

 

Kata Kunci : asesmen, kurikulum, kognitif-nonkognitif, kurikulum prototipe

 

 

References

Arifin, Z. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Jakarta: UIN Press.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1, 195-205.

Dharma, I. P. S., & Oktaviani, L. (2021). Optimalisasi Keterampilan Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia Merancang dan Menerapkan Asesmen Autentik di Kecamatan Baturiti. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 04, No. 01, 1-11.

Endrawan, I. B., Hardiyono, B., Satria, M. H., & Kesumawati, S. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Olahraga Strata Satu (S1) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Bahasa, Universitas Bina Darma. JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), Vol. 1, No. 2, 180-186.

Herliani, Y., Isnaini, H., & Puspitasari, P. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Community Development Journal, Vol. 1 No. 3, 277-283.

Isnaini, H., Fauziya, D. S., & Ismayani, R. M. (2021). Membangun Literasi dan Kreativitas dengan Program Penyuluhan Literasi Berkelanjutan di Masa Pandemi Covid 19. Community Development Journal, Vol. 2, No. 3, 657-664.

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). Penyuluhuan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Karakter di SMK Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020. Community Development Journal, Vol 1 No. 2, 78-83.

Mustika, I., Latifah, & Primandhika, R. B. (2020). Pembelajaran Saintifik Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru di Kecamatan Cagak Kabupaten Subang. Abdimas SIliwangi, Vol. 03 No. 02, 339-350.

Sabda, S. (2016). Pengembangan Kurikulum (Tinjauan Teoretis). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Koneksi Prof. M. Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4, Nomor 1, 266-280.

Siswanto, J., Patonah, S., Kaltsum, U., & Saptaningrum, E. (2022). Penyusunan Asesmen Pembelajaran di SMPIT Darul Fikri Bawen. Pelita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 1, 38-42.

Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-Guru SMP di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Uniska Kediri, Vol. 1 No. 2, 52-58.

Downloads

Published

2022-10-31