Penyuluhan bahaya merokok pada remaja di Kelurahan Cipadung Kidul Kota Bandung

Authors

  • Suherdin Suherdin Universitas Bhakti Kencana
  • Yosef Pandai Lolan Universitas Bhakti Kencana
  • Diah Adni Fauziah Universitas Bhakti Kencana
  • Annisa Luthfiyyatul L Universitas Bhakti Kencana
  • Azmi Maulidayanti N Universitas Bhakti Kencana
  • Bentang Abdan S Universitas Bhakti Kencana
  • Dea Puspita S7 Puspita S Universitas Bhakti Kencana
  • Fadila Mutiara SN Universitas Bhakti Kencana
  • Ryan Deby H Universitas Bhakti Kencana
  • Shinta Sraun Universitas Bhakti Kencana

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i3.10903

Keywords:

Perilaku, Merokok, Remaja,

Abstract

Perilaku merokok remaja RW 09 Keluarahan Cipadung Kidul Kota Bandung mengalami kenaikan dapat dilihat dari data hasil observasi awal. Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu untuk Menganalisis situasi kesehatan dan meningkatkan pengetahuan bahaya merokok di RW 09 Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung melalui penyulihan kesehatan. Metode kegiatan meliputi analsiis situasi, identifikasi masalah, prioritas masalah, akar masalah, solusi alternatif, dan implementasi. Implementasi dilakukan dengan mengadakan program PANDU Remaja disertai dengan edukasi mengenai bahaya merokok. Hasil dari kegiatan PANDU Remaja ini adanya peningkatan pengetahuan pada remaja mengenani bahaya merokok. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah ditemukannya sebuah penyebab perilaku merokok remaja yang masih tinggi dan dilakukannya sebuah upaya pengendalian dengan dilakukannya program PANDU Remaja yang diisi dengan edukasi menggunakan media edukasi.

References

BPS. (202 C.E.). Angka Perokok Pada Usia 15 -19 Tahun. In Badan Pusat Statistik.

Infodatin. (2014). Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Dewi, W. S. (2020). Upaya Keluarga dalam Pencegahan Primer Merokok pada Remaja Awal di Kelurahan Babakan Penghulu Kecamatan Cinambo Kota Bandung. Universitas Padjajaran.

Fitri, R. (2022). Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Perilaku Merokok Remaja Kampung Sukarame Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan (Issue 8.5.2017). Universitas Islam Negeri Raden Intang Lampung.

Kemenkes. (2018). Cara menghindari pengaruh untuk merokok. Kemenkes.RI.

Kemenkes. (2019). Beberapa masalah yang muncul bagi remaja perokok. Kemenkes.RI.

Nugroho, R. S. (2017). Perilaku Merokok Remaja (Perilaku Merokok Sebagi Identitas Sosial Remaja Dalam Pergaulan Di Surabaya). Jurnal Ilmiah.

Reitsma, M. (2021). Spatial, temporal, and demographic patterns in prevalence of smoking tobacco use and initiation among young people in 204 countries and territories. Public Health, 6(1), E472–E481. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S2468-2667(21)00102-X

Riskesdas. (2018). Prevalensi Merokok Remaja Usia 10 -18. In Kemenkes.RI.

Suharyanta, D. (2018). Peran Orang Tua, Tenaga Kesehatan, Dan Teman Sebaya Terhadap Pencegahan Perilaku Merokok Remaja. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Rs.Dr.Soetomo, 4 (1), 8–13.

Downloads

Published

2022-10-31